Tunggu 2 Jam , BMKG Masih Pantau Dan Belum Akan Cabut Peringatan Dini Tsunami

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, status peringatan dini tsunami masih akan disematkan hingga beberapa jam ke depan.

Tunggu 2 Jam , BMKG Masih Pantau Dan Belum Akan Cabut Peringatan Dini Tsunami
Theresia Felisiani/Tribunnews.com
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Kilimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan, status peringatan dini tsunami masih akan disematkan hingga beberapa jam ke depan.

Peringatan dini tsunami dirilis pasca- gempa Banten yang terjadi sekitar pukul 19.03 WIB. Setelah gempa terjadi, menurut Dwikorita, tsunami diperkirakan datang beberapa menit kemudian.

Terakhir, gelombang tsunami yang mencapai daratan diperkirakan datang pukul 19.35. "Kami saat ini terus melakukan, masih terus memantau. Sebetulnya diperkirakan kedatangan tsunami sekitar pukul 19.35," ujar Dwikorita dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Namun, peringatan dini tsunami belum juga dicabut karena sesuai prosedur, BMKG tetap harus menunggu hingga dua jam setelah pengamatan terakhir tibanya tsunami, yaitu 19.35. "Namun karena fenomena alam banyak hal yang tidak pasti.

Banyak hal yang kompleks yang ada, mewajibkan kami menunggu sampai dua jam dari perkiraan kedatangan terakhir (19.35)," tutur Dwikorita. Ia mengungkapkan, hal ini dilakukan karena masih mungkin ada beberapa fenomena alam lain yang tidak bisa diduga. Sehingga sesuai SOP, lanjut Dwikorita, pihaknya menetapkan peringatan dini tsunami akan dipantau hingga pukul 21.35.

"Jadi kalau tidak ada indikasi hal yang megkhawatirkan, pukul 21.35 akan kami akhiri," ucap Dwikorita. Sebelumnya diberitakan, gempa berpotensi tsunami terjadi di Banten, Jumat (2/8/2019).

Badan Meteorologi Kilimatologi dan Geofisika merilis wilayah yang berpotensi terkena dampak tsunami. Lokasi gempa berada di 147 kilometer barat daya Sumur-Banten dengan kedalaman 10 kilometer dengan magnitudo 7,4.

Daerah yang berpotensi tsunami berdasarkan pemodelan:

[Kota/ Kabupaten (Provinsi) - Status Peringatan

• PANDEGLANG BAGIAN SELATAN (BANTEN) - SIAGA

Halaman
123
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved