Gaya Hidup Sehat, Cara Ampuh Mengobati Darah Tinggi

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan, namun ada cara mengobati darah tinggi untuk menghindari dampak buruknya pada tubuh.

Gaya Hidup Sehat, Cara Ampuh Mengobati Darah Tinggi
https://www.google.co.id/
Ilustrasi - Apabila hipertensi dibiarkan, maka konsekuensinya bisa fatal. Mulai dari serangan jantung, gagal jantung, stroke, masalah retina mata, hingga gagal ginjal. 

SRIPOKU.COM - Salah satu label yang melekat pada hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah silent killer. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan, namun ada cara mengobati darah tinggi untuk menghindari dampak buruknya pada tubuh.

Apabila hipertensi dibiarkan, maka konsekuensinya bisa fatal. Mulai dari serangan jantung, gagal jantung, stroke, masalah retina mata, hingga gagal ginjal. Itu sebabnya memeriksa tekanan darah secara berkala sangat penting.

Siapa Sangka Makanan Dan Minuman Yang Sering Kita Konsumsi Ini Memicu Darah Tinggi

Selain Penurun Darah Tinggi, Inilah Kandungan dan Manfaat Lain Buah Ketimun Bagi Tubuh ?

Bagaimana cara mengobati darah tinggi?
Darah tinggi bisa saja benar-benar hilang dari tubuh seseorang apabila hipertensi terjadi karena bawaan penyakit lain seperti ginjal atau kelenjar anak ginjal.

Meski demikian, hipertensi pada 90 persen penderitanya tidak bisa disembuhkan.

Cara mengobati darah tinggi paling efektif adalah dengan mengubah gaya hidup secara drastis. Tinggalkan semua gaya hidup yang memicu tekanan darah tinggi.

Berikut ini beberapa cara mengobati darah tinggi:

Kurangi konsumsi garam
Dalam sehari, pria dewasa sebaiknya mengonsumsi kurang dari 2 gram sodium atau setara satu sendok teh garam. Selain itu, penting untuk memeriksa kandungan nutrisi makanan yang dikonsumsi.

Makan kaya nutrisi
Cara berikutnya yang tak kalah penting adalah mengonsumsi makanan kaya nutrisi seperti buah dan sayuran. Selain itu, konsumsi ikan, kacang-kacangan, dan produk olahan susu yang rendah lemak.

Aktif bergerak
Orang dewasa sebaiknya melakukan 150 menit aktivitas fisik berintensitas medium dalam sepekan. Selain itu, hindari duduk terlalu lama.

Hindari merokok dan konsumsi alkohol
Berhenti merokok bisa mengurangi risiko serangan jantung secara drastis. Selain itu, penting juga untuk menghindari konsumsi alkohol.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved