Berita Palembang

75 Anggota DPRD Sumsel Priode 2019-2024 Dilantik September, Satu Caleg Terpilih Meninggal Dunia

75 anggota DPRD Provinsi Sumsel periode 2019-2024 dijadwalkan dilakukan pengangkatan dan pengambilan sumpahnya 24 September 2019.

75 Anggota DPRD Sumsel Priode 2019-2024 Dilantik September, Satu Caleg Terpilih Meninggal Dunia
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Aliandra Gantada SH MH-Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan 

Laporan wartawan sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sebanyak 75 anggota DPRD Provinsi Sumsel Terpilih periode 2019-2024 dijadwalkan dilakukan pengangkatan dan pengambilan sumpahnya 24 September 2019.

"Pengangkatan dan pengambilan sumpah anggota DPRD terpilih 2019-2024 baru dijadwalkan 24 September 2019 rapat paripurna istimewa dipimpin oleh Ketua yang lama. Agenda rapat pelantikan," ungkap Ketua DPRD Sumsel HM Aliandra Gantada SH MH, Jumat (26/7/2019).

Menurut politisi PDIP Sumsel ini, pengambilan sumpah 75 anggota DPRD Sumsel yang baru seperti biasa dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang.

"Nama-nama anggota dewan yang terpilih belum diumumkan. Nanti setelah diumumkan oleh KPU dan dikeluarkan SK Mendagri. Barulah 75 wong itu diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang," kata Gantada.

Wakil Ketua DPD PDIP Sumsel Bidang Kehormatan ini sendiri mengaku pasca belum lolosnya pada Pencalegan DPR RI lalu, dirinya untuk sementara pensiun.

"Kalau kita kemarin tidak nyalon lagi di DPRD Provinsi Sumsel, tapi nyalon DPR RI. Kita pensiun dulu, istirahat sejenak sambil memikirkan apa langkah selanjutnya. Membiasakan diri menjadi masyarakat kembali. Selama 20 tahun terakhir ini jadi anggota DPRD Sumsel selama empat periode. Kalau soal kesannya, karena banyak ngurusi rakyat, biaso bae. Sudah bagian tugas rutin. Kalau berhasil memperjuangkan hak itu yang kita senang. Kalo dak berhasil itu yang jadi beban pikiran," kata Alumni Fakultas Hukum Unsri.

Sementara Ketua DPD PDIP Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas SE MM membenarkan adanya Caleg DPRD Sumsel terpilih dari PDIP meninggal dunia, atas nama Hasbulah dari Dapil 7 Lahat-Pagar Alam-Empatlawang.

"Benar saudara Hasbullah Caleg terpilih (yang ditetapkan pada pleno rekapitulasi suara KPU Sumsel) meninggal dunia seminggu yang lalu," kata Giri.

Ketika ditanyakan apakah nama penggantinya adalah Sumiati sebagai Caleg perolehan suara urutan di bawahnya, Giri menyatakan masih akan mengeceknya.

Halaman
123
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved