Berita PALI

Hasilkan 132 Ton Sampah per Hari Gunakan 8 Unit Armada, PALI Belum Miliki TPA Resmi

Jumlah sampah di Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir) dalam lima (5) wilayah kecamatan bisa menghasilkan 132 ton sampah per harinya.

Hasilkan 132 Ton Sampah per Hari Gunakan 8 Unit Armada, PALI Belum Miliki TPA Resmi
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Tumpukan sampah masih berserakan di pinggiran jalan ujung Desa Air Itam Kabupaten PALI, lantaran belum memiliki TPA. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan Riangga

SRIPOKU.COM, PALI-- Jumlah sampah di Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir) dalam lima wilayah kecamatan bisa menghasilkan 132 ton sampah per harinya.

Sampah tersebut diangkut menggunakan delapan unit armada milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten PALI, selain gunakan motor sampah yang dioperasionalkan tiap desa dan kecamatan.

Sayangnya, Kabupaten PALI sendiri belum memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah resmi, sehingga pengelolaan sampah belum bisa menghasilkan nilai komersil.

"Di PALI belum ada TPA resmi, hanya sebagai tempat Prosesan Akhir di TPA yang sementara ini ada di Kelurahan Talang ubi dekat kawasan Bandara," ungkap Kabid LH (Kepala Bidang Lingkungan Hidup) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten PALI, Bakrin A.Ma, Senin, (22/7/2019).

Isu Bagi-bagi Harta Gono-Gini Terungkap, Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Akhirnya Resmi Bercerai

Penyaluran KUR dari Bank BNI di Sumsel pada Juni 2019 Lampaui Target

Menurut Bakrin, 8 unit mobil sampah dioperasionalkan khusus di wilayah Pendopo Kecamatan Talang Ubi, baik pagi, sore hingga malam hari mengangkut sampah dengan jumlah personel petugas kebersihan mencapai 187 orang.

Dirinya mengakui, bahwa pihaknya sedikit kesulitan mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten PALI, lantaran terkendala armada serta tenaga yang masih minim.

"‎Kedepan akan dibuatkan Bank Sampah, sehingga sampah sebelum masuk ke TPA bisa dipilah dulu di Bank Sampah, sehingga bisa menghasilkan uang," katanya.

Saat ini, lanjut Bakrin bank Sampah yang masih aktif ada di Kecamatan Tanah Abang, namun direncanakan bisa aktif di tiap kecamatan di Bumi Serapat Serasan.

Mengingat, jumlah sampah yang dihasilkan di Kabupaten PALI cukup banyak, diantaranya 132.579,454 ton perhari, 3.977.383,62 ton perbulan dan 47.728.603,44 per tahun.

"Jadi, sayang jika tidak dimanfaatkan. Kedepan selain aktif membuat bank sampah, kita juga berencana menambah armada pengangkut sampah jika anggaran cukup," ujarnya.

Isu Bagi-bagi Harta Gono-Gini Terungkap, Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Akhirnya Resmi Bercerai

Hari Bakti TNI AU ke 72 Tahun, Lanud SMH Palembang Kerja Bakti Bersama Warga Bersihkan Lingkungan

Jangan Sepelekan, Kesemutan Bisa Jadi Pertanda 6 Penyakit Berbahaya, dari Diabetes hingga Jantung

Penulis: Reigan Riangga
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved