Berita Palembang

Angka Kekerasan Anak Mencapai 309, Gubernur Sumsel Rencanakan Perbanyak Ruang Ramah Anak

Angka Kekerasan Anak Mencapai 309, Gubernur Sumsel Rencanakan Perbanyak Ruang Ramah Anak

Angka Kekerasan Anak Mencapai 309, Gubernur Sumsel Rencanakan Perbanyak Ruang Ramah Anak
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH, HANDOUT
Ratusan anak-anak saat hadir di Puncak Hari Anak Nasional di Griya Agung, Rabu (17/7/2019) 

Angka Kekerasan Anak Mencapai 309, Gubernur Sumsel Rencanakan Perbanyak Ruang Ramah Anak

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Memiliki hampir tiga juta anak-anak atau sekitar 30 persen dari jumlah penduduk di Provinsi Sumatera Selatan, membuat Gubernur Sumatera Herman Deru berencana untuk memperbanyak ruang terbuka yang ramah terhadap anak.

Deru mengatakan, hal ini menyusul maraknya angka kekerasan terhadap anak yang mencapai sebanyak 309 kasus 2018.

Besaran jumlah kasus itu sebagai gambaran anak-anak di Provinsi Sumsel masih ada yang mendapati kekerasan dan membutuhkan penanganan yang konkrit.

“Terlepas dari maraknya kasus-kasus kekerasan terhadap anak, tidak dipungkiri upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya untuk memenuhi hak anak dan perlindungan terhadap anak telah mengalami kemajuan yang cukup berarti. Saya berencana untuk memperbanyak ruang terbuka yang ramah anak," jelasnya, saat hadir pada puncak peringatan hari anak nasional tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang digelar di Halaman Griya Agung Rabu (17/7/2019).

Sampah Menumpuk Pinggiran Jalan Desa Air Itam Kabupaten PALI, Bakal Buat TPA dari Dana Desa

Lakukan Pengeroyokan dan Menikam Korbannya , Saipuddin Diringkus Tekab 134.

Selain Menggagahi Anak Tirinya hingga Hamil, Warga Banyuasin Ini Pernah Merudapaksa Anak Kandungnya

Menurutnya, di momen Peringatan hari anak nasional pada hari ini juga merupakan waktu yang tepat untuk mengemban visi dan misi yang penting, strategis dan monumental dalam upaya meningkatkan hak azasi dan kehormatan terhadap anak-anak di Indonesia khususnya Provinsi Sumsel, serta meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa.

“Hari Anak Nasional (HAN) merupakan momentum penting untuk menggunggah dan meningkatkan kepedulian setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media serta pemerintah akan pentingnya peran, tugas, dan kewajiban masing-masing dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak di Sumsel,” ungkapnya

Pada kesempatan kali ini juga, Ia megucapkan selamat atas terpilihnya anak-anak sebagai pengurus Forum Anak Provinsi Sumatera Selatan periode tahun 2019-2021. Serta Orang nomor satu di Provinsi Sumsel ini pula mengapresiasi anak-anak yang telah memiliki komitmen untuk berpartisipasi dalam pembangunan di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

“Jadilah Pelopor dalam kebaikan dan pelapor tindak kekerasan dilingkungannya. Jadilah anak yang gembira, gesit dan empati merespon perubahan-perubahan yang sangat cepat di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan dan kesenian serta berani menjaga hak-haknya semua Anak dan melaksanakan kewajibannya untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia," tutupnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: adi kurniawan
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved