Informasi Haji

Lancar Komunikasi di Arab Saudi, Jemaah Haji Pakai Google Translate

Tidak bisa berbahasa Arab, jemaah haji memakai google translate. Aplikasi ini adalah cara mudah dilakukan untuk berkomunikasi dengan orang Arab.

Lancar Komunikasi di Arab Saudi, Jemaah Haji  Pakai Google Translate
SRIPOKU.COM/HUSIN
SWAFOTO --Dengan bantuan google translate, komunikasi jemaah Indonesia menjadi lancar dengan jemaah hasil asal negara lain. Sebagai kenangan, jemaah haji melakukan swafoto untuk kenalan. 

LAPORAN WARTAWAN SRIPOKU.COM/MUHAMMAD HUSIN

MADINAH, SRIPOKU.COM  –Jemaah haji zaman ini, sepertinya memang selalu upadate ,  tidak mau ketinggalan informasi dan komunikasi,  seperti dilakukan Jemaah Haji asal Palembang yang saat ini, Kamis (11/7/2019) masih berada di Kota Madinah, Arab Saudi.

Sadar tidak  bisa berbahasa Arab, maka cara mudah dilakukan dengan menggunakan Google Transelate. Alhasil,  komunikasidengan Jemaah haji berbeda Negara menjadi lancar dan tidak menggunakan bahasa arab.

Google translate  adalah sebuah halaman penerjemah bahasa yang dibuat oleh Google, yang menjadi andalan ketika sedang kesulitan dalam menerjemahkan antar bahasa.

Jika dahulu kita harus menggunakan kamus secara manual untuk satu persatu mencari kata-kata yang ingin diterjemahkan ke bahasa lain, misalnya dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, maka di era modern inisudah tidak perlu pusing dan ribet lagi dalam urusan terjemahan.

Dalam prakteknya,  Google Translate terbukti sangat membantu bagi   Jemaah haji.

“Saya kan tak punya latarbelakang pendidikan bahasa arab, jadi saya coba pakai google translate, ternyata cukup membantu, kendati ada bahasa yang tidak nyambung, tetapi secara umum, sata paham,” kata Victor (43),  Jemaah haji Kloter 2 dari KBIH Varita Pusri  saat berbincang-bincang dengan kontributor sripo di Madinah, H Hendara Wijaya.

Kalau untuk transaksi atau membeli barang di tokoh, nyaris tidak ada kendala, karena rata-rata pekerjanya orang Indonesia dan Malaysia sehingga komunikasi nyambung.

Namun kalau di jalan, atau saat ingin bertanya tempat atau pasar atau hotel, barulah menggunakan bantuan google translate .  “Memang sih, sedikit repot,” katanya.

Kontributor sripo melihat cara penggunaan aplikasi google translate. Vicktor membuka aplikasi dengan merekam suaranya ke bahasa Indonesia, lalu secara langsung diterjemahkan ke dalam bahasa arab,  lengkap dengan teks/tulisan dan dari sisi ejaan, dibuka melalui tombol speaker.

Halaman
12
Penulis: Husin
Editor: muhammad husin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved