Berita Lahat

Whatsapp Bupati dan Sekda Lahat Kena Hack, Si Hacker Memanfaatkannya untuk Minta Uang, Waspadalah!

Whatsapp Bupati lahat kena hack orang tak bertanggungjawab yang meminta sejumlah uang kepada para pejabat daerah.

Whatsapp Bupati dan Sekda Lahat Kena Hack, Si Hacker Memanfaatkannya untuk Minta Uang, Waspadalah!
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Ini percakapan melalui WA Januarsyah Sekda Kabupaten Lahat dengan Kakankemenag Lahat yang berlangsung Jumat (5/7/2019). 

Laporan Wartawan Sripoku. Com Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT - Sekretris Daerah (Sekda) Lahat, Januarsyah, SH MM, terkejut bukan kepalang saat mendapat pemberitahuan dan konfirmasi dari teman-temannya yang ada dikontak whatsapp (WA).

Betapa tidak, beberapa teman yang ada dikontaknya tersebut menanyakan kebenaran soal dirinya ingin meminjam uang Rp5 juta dan meminta ditransfer.

Sontak Sekda membantah dan meminta agar permintaan tersebut tidak dituruti.

"Ya WA saya di hack oleh hacker. Kejadian sekitar pukul 16.30 wib hingga pukul 04.00 pagi. Saya sangat kaget saat ada teman dan teman kerja baik secara langsung maupun melalui protokol menyampaikan kebenaran jika saya mau pinjam uang. Padahal itu tidak ada sama sekali, "tegas Januarsyah, saat dihubungi, Jumat (5/7).

Atas kejadian tersebut, tegas Januarsyah ia langsung mengecek dan memberitahu semua kontak.

"Alhamdulillah hingga pukul 10.00 tadi belum ada yang komplain atau dirugikan. Kita juga mengimbau bilamana ada pesan tersebut agar tidak dipercaya,"ujarnya.

Sementara, salah satu yang menerima pesan tersebut adalah Kakanmenag Kabupaten Lahat, H. Rusidi Djafar. Dikatakanya, ia mendapat pesan WA tersebut sekitar pukul 16.15 wib.

Grab Palembang Luncurkan Fitur GrabNow Khusus Pengunjung Palembang Icon

Daftar Nama-nama Rektor Unsri atau Rektor Universitas Sriwijaya dan Sejarah Universitas Sriwijaya

Warga Seberang Ulu I Palembang Keluhkan Sampah Berserakan di Median Jalan

Mendapat pesan tersebut Kakanmenag yang mengetahui akun whatsapp tersebut telah di-hack, segera menginformasikan lewat akun Facebook miliknya.

"No.wa pak Sekda kena.heck (Salah satunya sy hampir jd korbannya) oleh oknum yg minta2 uang an.wa.pak Sekda pd sy & stelah sy konfirmasi langsung ke pak sekda ternyata itu ulah oknum, kpd Teman fb sy ingatkn mari kita sm hati2 jg se andai nya ad oknum yg mungkin sj meng atas namakan wa/ fb/ atau pun aplikasi lain yg meng atas namakn sy(Rusidi Dja’far) lalu meminta uang,ataupun mungkin meng uploude gambar2 poto,vidio yg tdk pantas,mk untuk di maklumi & di pastikan itu bukan dari saya.DUM & Tks,"tulisnya melalui akum facebook.

Sementara, Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap, SIK membenarkan perihal kejadian tersebut. Bahkan katanya tak hanya WA Sekda namun juga WA Bupati Lahat.

Pihaknya sendiri sudah menerima laporan atas kejadian tersebut dan saat ini tim cyber Polres Lahat sedang mendalami dan melacaknya.

"Untuk laporan korban yang dirugikan belum ada. Ini ulah hacker dengan tujuan untuk mendapatkan uang, "katanya.

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved