Berita PALI

Terkait Kebocoran Pipa Minyak PT Pertamina Mencemari Sumber Air Bersih di PALI, Warga Siap Bersikap

Kasus pipa milik PT Pertamina Asset 2 Pendopo Field yang diduga korosi di sepanjang wilayah Desa Suka Maju KAbupaten PALI meresahkan warga.

Terkait Kebocoran Pipa Minyak PT Pertamina Mencemari Sumber Air Bersih di PALI, Warga Siap Bersikap
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Warga Desa Suka Maju Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI bersama pihak Pertamina saat meninjau lokasi pipa bocor diduga korosi sehingga mencemari kebun warga 

Laporan wartawan sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALI - Banyaknya kasus pipa minyak PT Pertamina Asset 2 Pendopo Field yang diduga korosi di sepanjang wilayah Desa Suka Maju Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir) sangat meresahkan warga sekitar. 

Dalam kurun waktu 2 bulan terakhir, pipa minyak PT pertamina ini sudah mengalami empat (4) kali kebocoran, sehingga mencemari kebun warga sekitar, bahkan air lebung yang menjadi sumber air masyarakat Dusun II desa Suka Maju juga ikut tercemar. 

Hal ini tentu mengakibatkan aktifitas Mandi Cuci Kakus (MCK) warga Suka Maju terganggu dengan adanya cairan yang diduga minyak mentah tersebut. 

Hirzi dan Febriya Bujang Gadis Serasan Kabupaten Muaraenim 2019, Grand Final di Hotel Grand Zuri

Selain itu, warga juga kesulitan mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari. 

"Lebung itu sumber air masyarakat, karena selain tempat mandi warga juga kadang menjadikan air untuk kebutuhan memasak. Di musim kemarau pun air lebung ini juga tidak kering," ungkap Kepala Desa (Kades) Suka Maju, Rudini, Senin (1/7/2019).

Menurut Kades, kejadian serupa bukan kali ini saja. Dimana, dalalam kurun waktu dua bulan terakhir sudah terjadi korosi sebanyak empat kali, dengan lokasi yang tidak berjauhan.

“Selaku pemerintah Desa Suka Maju kami sangat prihatin terhadap kondisi pipa Pertamina yang diduga korosi ini. Dari kebocoran pertama hingga kemarin yang terakhir belum ada penyelesaian sama sekali, mereka hanya memberi harapan palsu kepada warga,” jelasnya.

Satu Peleton Anggota Kodim Datangi Markas Kepolisian Resor Muba Bawa Nasi Tumpeng HUT Bhayangkara

Meski begitu, kata Kades di lokasi yang tercemar akan dilakukan pembersihan oleh pihak perusahaan yang bersangkutan, dan selama proses pembersihan pasokan air bersih akan disuplai oleh mereka.

"Hasil pertemuan kita dengan Pertamina untuk air bersih akan dibuatkan sumur bor, karena suplai air bersih dari perusahaan bermasalah," ungkap Kades. 

Namun demikian, lanjut Kades Rudini, jika dalam waktu dekat tidak terlaksana masyarakatnya siap untuk menekan ataupun melakukan aksi terhadap pihak pertamina. 

"Kalau kesepakatan pada saat kejadian bulan Mei 2019 lalu, perusahaan dua hari sekali akan menyuplai air bersih, namun hanya beberapa kali saja. Jika kali ini perusahaan ingkar kembali, masyarakat kita siap bertindak," katanya

Maling Rusak Dinding Triplek Rumah Hasan dan Mengambil Ponsel, Emas dan Uang Rp 1 Juta

Saat ini, kata dia, warga Dusun II Desa Suka Maju, mengandalkan sumur tetangga yang ada disekitar desa tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih

Sementara, dalam pertemuan tersebut, PT Pertamina Pendopo field, yang diwakilkan oleh asisten manager LR Pertamina, Ferry Prasetyo Wibowo SH, memaparkan bahwa untuk pengajuan proposal dengan syarat desa harus menyediakan lahan untuk pembangunan sumur bor.

"Lahannya harus disediakan terlebih dahulu untuk pembuatam sumur bor, baik itu lahan desa maupun lahan hibah dari masyarakat," jelasnya.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved