Hadapi Sidang Gugatan Prabowo-Sandi di MK, Sejumlah Alat Bukti Ini yang Disiapkan KPU Sumsel

KPU Sumsel berada di Jakarta menunggu jadwal sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) atas gugatan tim pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Hadapi Sidang Gugatan Prabowo-Sandi di MK, Sejumlah Alat Bukti Ini yang Disiapkan KPU Sumsel
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan Hepriyadi, SH MH bersama Ketua KPU Sumsel Dra Kelly Mariana 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - KPU Provinsi Sumsel telah berada di Jakarta dan menunggu jadwal sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Presiden di Mahkamah Konstitusi (MK) atas gugatan tim pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Meski tidak masuk secara langsung dalam gugatan sengketa PHPU Pilpres yang diajukan tim pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi, namun KPU se Provinsi Sumsel harus siap mensupport data.

Pasalnya gugatan yang dimasukan oleh tim capres 02 adalah KPU se Indonesia.

"Karena gugatannya se Indonesia. Maka kita semua KPU diminta untuk menyusun jawaban dan bukti proses pemilu yang sudah berlangsung. KPU Sumsel sendiri sudah menggelar Rakor kemarin 8 Juni mengumpulkan data-data KPU Kota/Kabupaten se-Sumsel untuk kita serahkan ke KPU RI hari ini," ungkap Ketua KPU Sumsel Dra Kelly Mariana didampingi Hepriyadi SH MH (divisi Hukum dan Pengawasan), Senin (10/6/2019).

Kepergok Liburan di Bali dengan Luna Maya, Ini 5 Fakta Faisal Nasimuddin, Duda Kaya dari Malaysia

Ashanty Unggah Foto Keluarga Besar, Warganet Malah Menyoroti Sosok Ini Sampai Disebut Sudah Berani

Terkait Gugatan PKS yang Hilang Kursi di Sumsel, Kini KPU Sumsel Hadapi Sidang di Bawaslu RI

KPU Sumsel berkoordinasi dengan pihak KPU RI, terutama terhadap risalah dan jawaban serta bukti yang sudah mereka susun untuk menghadapi sidang di MK.

"Sumsel sepertinya untuk mengikuti sidang PHPU Pilpres belum karena kita tidak masuk dalam gugatan Pilpres. Tapi kita tetap kasihkan data Pilpres. Kita cuma support data," kata Kelly.

Menurutnya yang terkait langsung untuk mengikuti sidang ini yakni 14 Provinsi di daerah pemilihan yang suaranya dimenangkan pasangan Capres 01 seperti Jateng, Bali, Jatim, Sumut.

Dijelaskannya pada gelaran Rakor KPU se-Sumsel 8 Juni 2019 barusan, dilakukan oleh divisi hukum mengenail Pileg dan Pilpres.

"Untuk Pileg, ada 14 gugatan ke MK se-Sumsel. Banyak yang harus dikerjakan. Gugatan Pileg prosesnya mulai 1 Juli," jelas Kelly.

Pendaftaran SBMPTN Dibuka Mulai Hari Ini Pukul 13.00, Cek Laman Ini untuk Mendaftar

Rosa Meldianti Menangis Tahu Sang Kakek Meninggal, Pesan Terakhirnya Diungkap Keponakan Dewi Perssik

Mengapa Bulan Syawal Disebut Bulan Baik untuk Menikah? Begini Penjelasan Rasulullah SAW

Sementara Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan Hepriyadi SH MH mengatakan pada intinya Rakor KPU se-Sumsel 8 Juni 2019 itu merupakan finalisasi alat bukti se-Sumsel.

"Karena kalau pengumpulan alat buktinya sudah jauh-jauh hari kita lakukan. Jadi ini alat bukti Kota/Kabupaten se-Sumsel dileges, dirangkap 12, didaftar dalam satu daftar alat bukti tingkat provinsi. Semuanya akan diserahkan ke Tim PHPU di KPU RI. Merekalah yang akan menyampaikan ke MK," kata Hepriyadi.

Menurut Hepriyadi, setelah mengikuti jadwal sidang gugatan PKS di Bawaslu RI, pihalnya juga hari ini akan mengikuti Rakor finalisasi jawaban atas permohonan PKPU Pilpres yang diajukan Paslon 02.

Menang 7-0, Modal Timnas Brasil Jelang Copa America 2019

Nunes Hadapi Putri Pendeta dan Cyborg

Man United Siapkan 2 Calon Suksesor Pogba yang Kian Santer Hengkang ke Real Madrid

"Seluruh KPU se-Indonesia dikumpulkan oleh KPU RI untuk mengkoreksi jawaban. Kemudian difinalkan. Sumsel sendiri tidak terdampak gugatan. Sumsel tidak disebut karena memang tidak ada. Hanya didalil umum terkait DPT. Dan kita akan menyampaikan alat bukti, verifikasi faktual, mengirim rekap hasil suara di Sumsel. Mulai DA1 sampai dengan DC1 beserta lampiran," terang Hepriyadi.

Adapun lampiran itu seperti DA2 keberatan saksi, DA daftar hadir setap rekap dihadiri saksi paslon DA tanda terima sudah disampaikan ke saksi paslon.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved