Kupasan Rubrik Ramadan

Dalil Shalat Tarawih 443

Shalat tarawihnya dikerjakaan 11 rakaat dengan komposisi 4:4:3, yakni setiap empat rakaat satu salam dan witir tiga rakaat satu salam.

Dalil Shalat Tarawih 443
https://www.google.co.id/
Ilustrasi - Umat muslim yang melakukan shalat Isya' disusul dengan shalat Tarawih berjamaah pada bulan Ramadan. 

SRIPOKU.COM- BEBERAPA waktu lalu, kebetulan kami berbuka puasa di rumah keluarga di 22-23 Ilir, jadi kami shalat terawih di mushala terdekat. Tetapi shalat tarawihnya dikerjakaan 11 rakaat dengan komposisi 4:4:3, yakni setiap empat rakaat satu salam dan witir tiga rakaat satu salam.

Cara ini berbeda yang kami lakukan di kediaman kami di Plaju, yakni 2:2:2:2:3. Tadinya saya mau tanya ke jemaah, khawatir nanti salah paham. Jujur saja, tidak bermaksud apapun dan hanya sekedar ingin menambah ilmu saja, apakah ada dalil. Mohon infrormasinya?

Jadi Ibadah Sunnah, Shalat Tarawih Ternyata Punya Banyak Kebaikan, Jangan sampai Disia-siakan!

Jumlah Rakaat Shalat Tarawih

Jawab
Sebagian orang ada yang mengerjakan shalat tarawih tiap 4 raka’at salam, yang lainnya dengan 2 raka’at salam. Tidak sedikit para penanya mengajukan pertanyaan tentang shalat tarawih tiap 4 raka’at salam, dibolehkan ataukan tidak. Lantas bagaimanakah tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebenarnya? Bagaimana pula para ulama memahami hal ini? Apakah lebih bagus dua raka’at salam? Hadist yang membicarakan shalat tarawih tiap 4 Raka’at salam, antara lain diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shalat 4 raka’at, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang raka’atnya. Kemudian beliau melaksanakan shalat 4 raka’at lagi, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang raka’atnya.”

Sedangkan shalat terawih 2 rakaat salam, para pakar fiqih berpendapat bahwa shalat tarawih dilakukan dengan salam setiap dua raka’at. Karena terawih termasuk shalat malam. Sedangkan shalat malam dilakukan dengan dua raka’at salam dan dua raka’at salam. Dasarnya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasslam

“Shalat malam adalah dua raka’at dua raka’at.”

Adapun maksud shalat terawih 4 rakaat salam, sebagaimana diterangkan oleh Ibnu Baththol rahimahullah, beliau berkata, “Adapun maksud perkataan ‘Aisyah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat empat raka’at dan janganlah ditanyakan bagus lagi panjangnya, kemudian beliau mengerjakan shalat empat raka’at lagi, lalu beliau kerjakan tiga raka’at; maka hal ini sudah dijelaskan, ketika kami membahas masalah witir, yaitu dalam hadits lain Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Shalat malam itu dua raka’at salam dua raka’at salam”. Hadits kedua ini menafsirkan dan menjadi penegas bagi hadits yang masih bersifat mujmal (global). Dan telah ada keterangan lain dalam jalur hadits lainnya, diriwayatkan dari Abu Dzi’b, dari Ibnu Syihab, dari ‘Aisyah, beliau berkata,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shalat malam sebanyak 11 raka’at dan sudah termasuk witir dan beliau salam setiap dua raka’at.”

Sebagian ulama ada yang mengatakan, maksud ‘Aisyah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat empat raka’at salam, empat raka’at salam, yaitu beliau biasa tidur sebentar ketika menyelesaikan empat raka’at, lalu beliau melaksanakan shalat lagi setelah tidur sesaat. Setelah itu beliau tidur lagi barang sesaat, kemudian beliau berdiri lagi dan melanjutkan dengan witir tiga raka’at. Yang beralasan seperti ini berdalil dengan hadits Al Laits, dari Ibnu Abi Mulaikah, dari Ya’la, dari Ummu Salamah, bahwa beliau mensifati shalat malam dan bacaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika itu,

“Beliau shalat kemudian beliau tidur selama waktu ia shalat tadi. Kemudian beliau shalat lagi selama waktu ia tidur tadi. Lalu beliau tidur kembali selama waktu beliau shalat. Lalu beliau berdiri untuk melaksanakan witir.”

Melengkapi pernyataan Ibnu Baththol di atas, yang dimaksudkan oleh ‘Aisyah dijelaskan pula dalam riwayat Muslim bahwa ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata,

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved