Berita Palembang

2 Siswa SMAN Sumsel Berhasil Raih Medali Perak di Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)

Berita Palembang: 2 Siswa SMAN Sumsel Raih Medali Perak di Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)

2 Siswa SMAN Sumsel Berhasil Raih Medali Perak di Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)
istimewa
M. Arsyad dan M. Shiqo Filla saat meraih medali perak dalam ajang OPSI di Semarang beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- SMAN Sumsel kembali mengukir prestasi di kancah nasional dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) di Semarang 15-20 Oktober 2018 lalu.

Dua siswa yakni Kgs. M. Arsyad dan M. Shiqo Filla berhasil memaparkan ciri-ciri bilangan yang habis dibagi oleh bilangan prima sembarang dan bagaimana menentukan ciri-ciri untuk bilangan yang habis dibagi oleh pembagi dengan angka satuan.

Dengan demikian keduanya berhak meraih medali perak.

OPSI sendiri merupakan ajang kompetisi penelitian ilmiah tahunan bagi siswa SMA/MA, baik berupa karya tulis maupun temuan (invention).

Salah satu siswa yang berangkat, Arsyad mengaku keberhasilan mereka setelah mengangkat penelitian mengenai bagaimana menentukan apakah suatu bilangan habis dibagi atau tidak dengan menggunakan nilai multiplier. "Memang saya dan Shiqo telah menyukai matematika sejak kecil. Sehingga, kami sepakat untuk memilih Matematika sebagai bidang penelitian yang akan mereka teliti," ujarnya saat diwawancarai Sripo, Selasa (23/10/2018).

Menurutnya pelajaran yang menghitung seperti matematika itu sangat mengasyikkan. Sebab, lebih menantang dan seru.

Sedangkan Shiqo sudah menyukai matematika sejak SD dan mulai benar-benar mendalaminya di jenjang MTs. Karena, ia merasa matematika adalah passion-nya.

"Berbagai tahap seleksi telah kami lalui demi meraih gelar juara tersebut. Pertama, mengunggah proposal penelitian ke laman resmi OPSI. Selanjutnya, kami mulai melengkapi laporan penelitian dari Bab I sampai Bab V," ungkapnya.

Setelah pengumuman finalis diumumkan dan keduanya berhasil menjadi finalis, Arsyad, Shiqo serta guru pembimbing berangkat ke Semarang untuk mengikuti final OPSI 2018 di Hotel MG. Setos, Semarang.

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Tresia Silviana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved