Berita Palembang

Pasca tak Beroperasi, TPA Sukawinatan Lakukan Pembersihan

Tumpukan sampah yang tinggi menjulang bak gunung merapi yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawaintan

Pasca tak Beroperasi, TPA Sukawinatan Lakukan Pembersihan
SRIPOKU.COM/WAHYU KURNIAWAN
Truk pengangkut sampah yang masuk di areal TPA Sukawinatan untuk membuang sampah. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wahyu Kurniawan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Tumpukan sampah yang tinggi menjulang bak gunung  yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawaintan, kini tidak banyak lagi aktivitas yang ada di sana.

Pasca tidak beroperasinya TPA itu beberapa saat lalu, kegiatan pembuangan sampah tidak banyak beraktifitas. Kini tempat pembuangan akhir dialihkan ke TPA dua Karya Jaya sejak 18 Juli 2018.

Zaidan Jauhari, pelaksana tugas Upt TPA Sukawinatan mengatakan sejak 18 Juli lalu TPA dua Karya Jaya sudah beroperasi, kini sudah tidak ada ada proses pembuangan sampah lagi.

"Kalau untuk kapasitas over belum, tapi perlu untuk penataan dan perapian ulang di TPA Sukawinatan ini," jelasnya saat di wawancarai, Rabu (8/8/2018).

Saat ditanyai mengenai apakah TPA Sukawinatan akan beroperasi kembali, ia menjawab belum tahu yang penting sekarang pihaknya terus membenahi dan merapikan TPA yang ada dengan kondisi sekarang.

Baca:

Lintasi Daerah Terakhir di Sumsel, Kirab Obor Asian Games 2018 Disambut Ribuan Warga OKI

Miliki Harta Berlimpah, Roro Fitria Diduga Pindahkan Dana Senilai Rp 1 Miliar, Akui Milik Keluarga

"Sementara ini melakukan pembersihan di TPA secara manual, pembersihan sisa sampah yang ada dijalan pembersihan kolam dan penebasan rumput,"ujarnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, volume sampah pada tiga bulan terakhir naik, yang sebelumnya 682 ton perhari menjadi 720 ton perhari. Salah satu penyebabnya adalah saat musim buah tiba.

TPA sukawinatan memiliki sisa luas tempat pembuang yang ada yaitu empat hingga lima hektare, empat hingga lima hektare itu yang berada di belakang TPA.

Sementara itu, Adun seorang pemulung mengungkapkan sejak tidak beroperasi nya TPA Sukawinatan belum berdampak besar pada penghasilan menjual barang bekas yang didapatkan dari TPA.

"Saat ini belum begitu berdampak, mungkin nanti baru ada dampaknya, kan nasib kita juga bergantung di sini,"jelasnya (*)

Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved