Berita Palembang

Provinsi Sumsel Masuk Prioritas Perhatian Siaga Karhutla, Jangan Sampai Lengah

Provinsi Sumatera Selatan masuk dalam daftar prioritas perhatian untuk siaga kebakaran hutan dan lahan (Karharhutla) oleh BNPB RI.

Provinsi Sumsel Masuk Prioritas Perhatian Siaga Karhutla, Jangan Sampai Lengah
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Kepala BNPB RI, Willem Rampangilei 

Laporan wartawan sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM,PALEMBANG -- Provinsi Sumatera Selatan masuk dalam daftar prioritas perhatian untuk siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) oleh Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) RI.

Mengingat Sumsel sendiri akan menjadi tuan rumah even berskala internasional, Asian Games ke-18. Bahkan Kepala BNPB RI, Willem Rampangilei meminta agar jangan sampai lengah sedikitpun.

"Saya minta semua jangan sampai lengah dan fokus berkerjasama, bantuan logistik maupun armada akan ditambah untuk siaga," ujarnya usai melakukan peninjauan di Pedamaran, Ogan Komering Ilir (OKI), Jumat (20/7/2018).

Willem menjelaskan pihaknya menyiagakan 10 Helikopter untuk mencegah bencana Karhutla di Sumatera Selatan mulai awal Agustus nanti.

"Untuk saat ini sudah ada lima dan yang sudah beroperasi tiga helikopter. Sampai akhir Juli nanti ada enam helikopter dan awal Agustus di minggu pertama ada 10 helikopter," ujarnya.

Selain itu, yang menjadi fokus saat ini adalah untuk menjamin tidak terjadi kebakaran, terutama yang menimbulkan bencana asap.

Oleh karena itu, pihaknya sudah melaksanakan rapat koordinasi bagaimana mengintensifkan lagi sosialisasi, patroli, pemadaman awal dan pemantauan awal Hotspot dan modifikasi cuaca sebagai upaya meningkatkan antisipasi kebakaran.

"Kita tahu beberapa hari lalu terjadi kebakaran lahan dan situasinya sudah dapat dipadamkan, namun karena ini terjadi diatas lahan gambut maka akan tetap mengenangi air. Sehingga diyakinkan betul tidak ada api yang ada di bawah permukaan. Luasnya sedang kita hitung, termasuk lokasinya dan status kepemilikannya akan ditindak lanjuti," jelasnya.

Namun, Berdasarkan keterangan yang diterima kebakaran terjadi, di pinggiran dari lahan usaha sawit, tetapi dimana persisnya masih akan dilakukan verifikasi.

Halaman
12
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved