Pekan Terakhir Lapor SPT Pajak, Hari Sabtu KPP Tetap Buka

Tepat hari Senin (26/3/2018) ini merupakan awal pekan yang ditetapkan sebagai batas akhir pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak tahun 2017

https://ekonomi.kompas.com/
Formulir 1770 SS. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Tepat hari Senin (26/3/2018) ini merupakan awal pekan yang ditetapkan sebagai batas akhir pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak tahun 2017 untuk Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi. Sejak beberapa pekan lalu, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan telah mengimbau agar laporan SPT tidak dilakukan mepet dengan batas waktu.

Berita Lainnya:  Menteri PUPR Berpesan Lapor SPT Penting untuk Warisan dan Pembangunan

"Meskipun begitu, kami tetap antisipasi dengan membuka layanan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) pada hari Sabtu tanggal 31 Maret nanti, sama seperti pekan lalu di hari Sabtu tanggal 24 Maret," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Hestu Yoga Saksama, beberapa waktu lalu.

Perpanjangan waktu yang disediakan DJP dalam rangka mengantisipasi menumpuknya WP yang hendak melaporkan SPT. Ada konsekuensi jika telat melapor SPT, yakni dikenakan denda sebesar Rp 100.000.

Di satu sisi, DJP tetap mendorong agar WP dapat melaporkan SPT-nya dengan e-filing atau secara elektronik. Lapor SPT melalui e-filing tidak perlu ke KPP dan bisa dilakukan kapan saja, selama terhubung dengan koneksi internet.

Dari catatan DJP pada bulan Maret, per tanggal 23, sudah ada 7,3 juta WP Orang Pribadi yang melaporkan SPT mereka. Jumlah WP yang melapor itu meningkat 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni sebesar 5,9 juta WP Orang Pribadi.

Total WP Orang Pribadi yang wajib melaporkan SPT pajak tahun 2017 adalah 18 juta. Dari sekian WP Orang Pribadi yang sudah melapor, didominasi oleh pelaporan secara elektronik atau melalui e-filing.

Penulis: Andri Donnal Putera

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://ekonomi.kompas.com/ dengan Judul:
Pekan Terakhir Lapor SPT Pajak, Hari Sabtu KPP Tetap Buka

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved