Nama Pulau Ini Bikin Merinding, Penyakit Mematikan Ini Siap Menyerang

Namanya Pulau Matasirih. Pulau ini merupakan salah satu pulau berpenghuni di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Kalsel.

Nama Pulau Ini Bikin Merinding, Penyakit Mematikan Ini Siap Menyerang
KSMTour.com
Pulau Matasiri merupakan salah satu pulau berpenghuni di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. 

SRIPOKU.COM , KOTABARU - Namanya Pulau Matasiri. Pulau ini merupakan salah satu pulau berpenghuni di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Kalsel.

Sejak lama orang mengenalnya pulau ini dengan sebutan pulau endemis penyakit mematikan Malaria.

Berita Lainnya:  Undur-Undur Sebagai Obat Tradisional, Banyak Penyakit Terobati

Sekilas kabar pulau yang dianggap 'mengerikan,' karena tidak sedikit orang yang takut begitu mendengar Pulau Matasirih, yang ada dibenak mereka tentang endemis malaria.

Khususnya bagi mereka, warga pendatang yang ingin ke pulau yang letaknya di selat Jawa bagian selatan Kalimantan tersebut.

Sebelum menginjakan kaki di pulau itu, terlebih dulu memperkebal diri dengan mengonsumsi obat malaria agat tidak mudah terserang.

Pulau Matasirih dinyatakan daerah endmis malaria, bukan saja berdasarkan data atau penelitian petugas Dinas Kesehatan Kotabaru dan Provinsi Kalsel.

Namun juga hasil penelitian dari peneliti luar Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Hajjah Ernawati membenarkan, pulau Matasirih endemis Malaria. Bukan hanya hasil penelitian dilakukan dinas kesehatan, tapi juga dari pihak luar.

Menurut Ernawati, pulau Matasirih menjadi penghasil Malaria, disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pertemuan air hujan dengan air laut yang berubah payau sehingga menghasilkan bibit nyamuk malaria.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved