Bersama KPK RI, Pemprov Sumsel Siapkan Program Pemilukada Berintegritas

Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam upaya pencegahan korupsi di wilayah Sumsel.

Bersama KPK RI, Pemprov Sumsel Siapkan Program Pemilukada Berintegritas
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Sekda Pemprov Sumsel, Nasrun Umar, bersama Satgas Politik Deputi Pencegahan KPK RI, Anisa Nurlitasari untuk membicarakan program Pemilukada Berintegritas, Rabu (7/3/2018) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam upaya pencegahan korupsi di wilayah Sumsel.

Sebagai wujud dari upaya tersebut, dalam waktu dekat Sumsel akan menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan program "Pemilukada Berintegritas" merupakan pembekalan oleh Komisi Pemberantasan Korupasi (KPK) RI kepada seluruh calon kepala daerah yang akan dilaksanakan 10 April 2018 di KPU Provinsi Sumsel.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Sumsel juga telah menjalin kerjasama dengan KPK RI terkait pelaksanaan kelas Politik Cerdas Berintegritas (PCB) yang merupakan kegiatan KPK sejak tahun 2016 dengan sasaran para siswa, mahasiswa, dan politisi untuk menciptakan calon kader maupun para kader partai politik yang tidak hanya cerdas namun juga berintegritas.

Tim advance Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Satgas Politik KPK RI, Anisa Nurlitasari, dan Satgas Tim Media KPK RI, Dony Mariantono telah melaksanakan rapat koordinasi kedua program tersebut bersama Pemerintah Provinsi Sumsel dipimpin langsung Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel, Nasrun umar, di Ruang Rapat Setda Pemprov. Sumsel, Rabu (7/3).

Satgas Politik Deputi Pencegahan KPK RI, Anisa Nurlitasari mengatakan, pihaknya sengaja hadir langsung di Palembang untuk melaksanakan koordinasi persiapan program "Pemilukada Terintegrasi" dan koordinasi rencana kerjasama pelaksanaan kelas Politik Cerdas Berintegritas (PCB).

Anisa menjelaskan, kegiatan "Pemilukada Terintegritas" adalah pembekalan kepada para calon kepala daerah. Calon kepala daerah ini akan dibekali tentang permasalahan apa saja yang akan dihadapi setelah terpilih sebagai kepala daerah nanti.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut akan disampaikan juga hasil praktek terbaik sebagai hasil rangkuman dari kerja koordinasi supervisi pencegahan di KPK dan penjelasan deskriptifnya.

"KPK akan memberi pembekalan kepada calon kepala daerah tentang apa yang akan dihadapi nanti setelah terpilih. Program ini dilaksanakan karena dari data KPK hingga tahun 2017 menunjukan 32 persen aktor yang tersandung kasus Korupsi di KPK berasal dari Partai Politik," ungkapnya.

Lanjut Anisa, peserta program "Pemilukada Terintegritas" adalah seluruh calon kepala daerah, pembukaannya akan dihadiri pimpinan KPK dan penyampaian materi dari struktural KPK RI.

"Pesertanya seluruh calon kepala daerah, kalau di Sumsel ini ada sekitar 70 lebih para calon kepala daerah. Di penghujung kegiatan akan dilaksanakan deklarasi LHKPN para peserta pemilukada di wilayah Sumsel," ujarnya,

Halaman
12
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved