Breaking News:

Bukan Dongeng, Hiu Ini Umurnya 272 Tahun, Vertebrata Terpanjang di Dunia

Ini bukan dongeng belaka. Di kedalaman samudra Atlantik utara yang gelap dan dingin, hidup spesies hiu dengan kemampuan biologis yang menakjubkan.

Pemburu Ombak
Hiu Greenland. Ilmuwan mengungkap bahwa hewan yang hampir buta itu bisa hidup hingga setengah milenium. 

SRIPOKU.COM - Ini bukan dongeng belaka. Di kedalaman samudra Atlantik utara yang gelap dan dingin, hidup spesies hiu dengan kemampuan biologis yang menakjubkan.

Hiu Greenland atau Somniosus microcephalus merupakan vertebrata berumur paling panjang di dunia.

Berita Lainnya:  Hiu Greenland, Hiu Paling Lambat Sedunia

Studi yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Science ini menunjukkan bahwa hewan tersebut dapat hidup setidaknya sampai 272 tahun. Bahkan tidak menutup kemungkinan mencapai usia 500 tahun.

"Kami sudah menduga mereka akan menjadi hewan berumur panjang, tapi saya sangat terkejut kalau mereka bisa sampai setua itu," kata Julius Nielsen, Peneliti dan ahli biologi di Universitas Kopenhagen.

Meski begitu bukan urusan yang mudah menentukan berapa usia seekor ikan hiu.

Pengukuran umur tidak bisa dilakukan melalui pengujian tulang, karena tulang hiu ini sebagian besar terdiri dari tulang rawan.

Peneliti menemukan cara baru untuk mengetahui usia Hiu Greenland, yaitu dengan meneliti mata mereka.

Studi kemudian dilakukan pada 28 Hiu Greenland betina yang telah mati secara tidak sengaja selama program pemantauan ikan yang dilakukan oleh Greenland Institute for Natural Resources.

"Rahasia dibalik kesuksesan studi ini adalah kita memiliki hiu mulai dari yang muda dan tua, berukuran sedang dan juga besar. Kita bisa membandingkan semuanya," kata Nielsen.

Halaman
123
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved