Kondisi Krodit, Dermaga Sungai Lumpur Perlu Direhab

Mengingat saat ini kondisi dermaga sudah banyak yang perlu dibenahi, seperti banyak besi dan pondasi yang sudah patah.

Kondisi Krodit, Dermaga Sungai Lumpur Perlu Direhab
SRIPOKU.COM/Dokumen
Kadishubkominfo OKI Tohir Yanto SSos

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG --Seiring dengan padatnya aktivitas angkutan perairan di dermaga desa Sungai Lumpur kecamatan Cengal, Dinas Perhubungan dan Kominfo (Dishubkominfo) kabupaten OKI berencana akan melakukan rehab di dermaga tersebut.

Mengingat saat ini kondisi dermaga sudah banyak yang perlu dibenahi, seperti banyak besi dan pondasi yang sudah patah.

Kepala Dishubkominfo OKI, Tohir Yanto mengatakan, meskipun dermaga tersebut dikelola oleh pusat namun tetap harus diperhatikan sarana dan fasilitas di dermaga tersebut.

"Untuk rehabnya kita ajukan pada tahun 2017 nanti. Semuanya sudah diusulkan ke pusat. Jadi tinggal tunggu persetujuannya saja," ujarnya, Rabu (21/9).

Menurutnya, jika pusat tidak mau merehab dermaga tersebut lebih baik dihibahkan ke Dishubkominfo saja. Sebab kondisi dermaga sudah krodit, dan pihaknya khawatir jika semakin parah akan berdampak pada aktivitas di dermaga yang selalu ramai. Apalagi jalur dermaga ini sudah lintas provinsi.

"Untuk speed boat yang beroperasi mulai dari jurusan Tulung- Sungai Lumpur, Sungai Pedade-Sungai Lumpur, Sungai Pasir-Sungai Lumpur, serta trayek jurusan Sungai Lumpur-Toboali Bangka," ungkapnya.

Selain itu berencana melakukan rehab dermaga, Dishubkominfo juga rutin memberikan atensi agar setiap kapal yang aktif menyiapkan alat keselamatan penumpang seperti baju pelampung (life jacket) minimal 10 set disetiap speed boat.

"Kita mengimbau agar setiap pemilik speed boat tidak melebihi kapasitas muatan (over load) demi keselamatan sekaligus mengurangi angka kecelakaan di sungai," terangnya.

Penulis: Yuliani
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved