Tahun 2016 Kasus Kecelakaan Meningkat

"Secara kualitas, kecelakaan lalulintas memang mengalami kenaikan pada tahun ini bila dibandingkan tahun kemarin"

Tahun 2016 Kasus Kecelakaan Meningkat
SRIPOKU.COM/DOKUMEN
Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Tomex Kurniawan.

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Berdasarkan data hasil analisis dan evaluasi yang dilakukan Direktorat Lalu-lintas (Ditlantas) Polda Sumsel, jumlah kecelakaan lalulintas yang terjadi di Sumsel pada tahun 2016 mengalami kenaikan bila dibandingkan tahun sebelumnya, 2015.

Tercatat, kecelakaan lalu lintas pada tahun ini, total terdapat sebanyak 13 kecelakaan lalulintas dan ini mengalami kenaikan sebanyak 30 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, 2015 yang totalnya hanya terdapat 10 kecelakaan lalulintas.

Namun, meskipun demikian, korban meninggal akibat kecelakaan yang terjadi pada tahun ini, 2016, mengalami penurunan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, 2015.

Pada tahun ini, tercatat jumlah korban meninggal akibat kecelakaan hanya terdapat sebanyak 4 orang sedangkan, pada tahun kemarin, 2015 jumlah kecelakaan korban meninggal terdapat tujuh orang.

Selain itu, korban luka berat (Luber) pada tahun ini juga mengalami penurunan yakni turun menjadi 7 dari total terdapat 9 pada tahun sebelumnya, 2015 atau turun sebanyak 22,2 persen.

Sedangkan, untuk luka ringan mengalami peningkatan dari total tahun lalu terdapat 3, tahun ini, 2016 naik menjadi 9 atau naik sebanyak 226,6 persen.

Direktur Ditlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Tomex Kurniawan mengatakan, secara kualitatif data kecelakaan lalulintas pada tahun ini memang mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Secara kualitas, kecelakaan lalulintas memang mengalami kenaikan pada tahun ini bila dibandingkan tahun kemarin. Namun, secara kuantitas, korban meninggal faktanya mengalami penurunan pada tahu ini bila dibandingkan tahun kemarin," jelasnya saat diwawancarai di sela-sela pemantauan suasana malam takbiran Idul Fitri 1437 H.

Dikatakannya, faktor turunnya korban meninggal kecelakaan lalulintas pada tahun ini, tak lepas dari adanya pos-pos jaga dan petugas yang pro aktif memberikan himbauan kepada pemakai jalan atau para pemudik.

"Pos jaga total kita siapkan sebanyak 78 pos dan tersebar seluruh Sumsel terutama di tempat rawan kriminalitas, kemacetan dan kecelakaan," terangnya

Penulis: Sugih Mulyono
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved