5 Mei Siaga Asap, BPBD Sumsel Turunkan Dua Pesawat

"Maklumat ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena ini lebih tegas akan aturan yang telah ditentukan," terangnya.

5 Mei Siaga Asap, BPBD Sumsel Turunkan Dua Pesawat
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumsel H Yulizar Dinoto SH (kanan) bersama Danrem 044/Gapo selaku Dansatgas Pencegahan Karhutlah Kol Inf Tri Winarno memberikan penjelasan usai Rapat Persiapan Pelaksanaan Posko Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2016, Kamis (28/4/2016). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel memulai siaga asap yang merupakan dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutlah).

Kepala BPBD Sumsel, H Yulizar Dinoto SH mengatakan, dalam siaga ini, BPBD akan menurunkan 2 pesawat dari Rusia yang merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melakukan waterbooming, serta beberapa hal lainnya.

"Pesawat ini nantinya digunakan tergantung kondisi cuaca, artinya sampai dengan musim hujan," ungkap Yulizar Dinoto, Kamis (28/4/2016).

Selain melakukan waterbooming, pihaknya juga akan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) disetiap daerah yang rawan terhadap Karhutlah.

Menurutnya ada beberapa usulan bahwa TMC ini dilakukan saat musim kemarau, artinya musim hujan sudah dilakukan TMC smpai basah.

"Kami belum dapat memastikan hal tersebut kapan akan dilakukan," katanya.

Bertepatan tanggal 5 Mei mendatang, pihaknya juga akan menyebarkan maklumat yang dikeluarkan oleh Kapolda Sumsel beberapa waktu yang lalu.

"Nantinya maklumat ini akan disebarkan untuk setiap desa di Sumsel," terangnya.

Maklumat yang dikeluarkan Kapolda Sumsel mengeluarkan nomor: mak/01/II/2016 tentang pembakaran hutan, lahan atau ilalang serta semak belukar. Penyebaran maklumat ini sendiri melalui, korem, danramel dan beberapa petugas lainnya.

"Maklumat ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena ini lebih tegas akan aturan yang telah ditentukan," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved