Soal Ujian SD Tahun Ini Disesuaikan Kurikulum

Hal ini sesuai dengan peraturan kepala badan penelitian dan pengembangan Kemendikbud nomor 045/H/HK/2015 tentang Prosedur Operasional Standar (POS)

Soal Ujian SD Tahun Ini Disesuaikan Kurikulum
SHUTTERSTOCK
ilustrasi 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pelaksanaan ujian SD/MI untuk tahun ini yang akan diselenggarakan pada 16 Mei mendatang bakal dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang dijalankan sekolah.

Artinya, bagi sekolah penyelenggara yang masih memakai kurikulum KTSP, maka pembuatan soal tidak bisa disamakan dengan sekolah penyelenggara Kurikulum 2013 (K13)

Hal ini sesuai dengan peraturan kepala badan penelitian dan pengembangan Kemendikbud nomor 045/H/HK/2015 tentang Prosedur Operasional Standar (POS) ujian SD/MI tahun ajaran 2016.

Kasi Kurikulum TK/SD Disdikpora Palembang, Haris Basid mengatakan, khusus pembuatan soal mata pelajaran selain Bahasa Indonesia, MTK dan IPA soal yang diberikan harus sesuai kurikulum yang dijalankan sekolah.

"Untuk sekolah penyelenggara Kurikulum 2006 soal dibuat oleh guru dalam gugus sekolah. Sedangkan untuk sekolah penyelenggara K13 soal dibuat dalam forum SD K13," ujarnya dalam Sosialisasi POS penyelenggara ujian SD/MI di aula SMKN 2 Palembang, Sabtu (9/4/2016).

Sementara untuk penggandaan soal harus dilakukan oleh masing-masing sekolah menggunakan kertas kop sekolah.

"Untuk pengelolaan nilai diatur dalam juknis yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Hanya saja Disdikpora belum menerima Juknis tersebut. Namun, format nilainya sama saat di ijazah nanti," jelasnya.

Ia menambahkan, tahapan ujian sekolah untuk SD/MI sendiri terdiri dari ujian praktik yang meliputi mata pelajaran (PJOK), Agama dan Keterampilan.

Sedangkan untuk ujian sekolah semua mata pelajaran dan ujian nasional meliputi mapel Bahasa Indonesia, MTK dan IPA.

"Untuk ujian sekolah utama atau setara UN, format soal 75% dibuat provinsi dan 25% dari Kemendikbud," terangnya.

Diketahui, dari total 364 SD negeri dan swasta hanya 50 sekolah yang menyelenggarakan K13. Dan 89 MI dengan rincian 2 MI Negeri dan 87 MI swasta.

Total peserta Ujian SD ada 27.988 dengan rincian 20.131 SD Negeri, 4.798 SD Swasta, 222 MI Negeri dan 2837 MI Swasta.

Penulis: Yuliani
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved