Aksi Curi Sarang Walet Dua Sahabat Terhenti di Tangan Warga

Merasa kesal akan aksi dua pencuri tersebut, sang korban Rustam pun segera memanggil warga sekitar.

Aksi Curi Sarang Walet Dua Sahabat Terhenti di Tangan Warga
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Pelaku pencurian sarang walet Feri Sanurdi dan Adi Saputra saat diamankan di Polres Muba, Senin (6/4/15). 

SRIPOKU.COM, SEKAYU -- Persahabatan tak selamanya mengisahkan kisah yang selalu manis. Hal itu terjadi pada dua sahabat Feri Sanurdi (24) warga Desa Bruge dan Adi Saputra (23) warga Desa Bandar Jaya. Keduanya ditangkap warga dan dihajar massa karena mencuri sarang walet milik, Rustam Bin Abdullah (52) warga Perum Pemda.

Kejadian pencurian pada hari Minggu (5/4/2015) sekitar pukul 02.30 di Jalan Peltu Yusuf, Ulak, Kelurahan Serasan Jaya, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Muba.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tertangkapnya dua sahabat ini ketika sang pemilik bangunan Rustam tengah mengontrol sarang walet miliknya. Ketika hendak melihat sarang walet miliknya, tampak sesuatu yang mencurigakan yakni dua pasang sandal tergeletak di depan gedung miliknya. Merasa curiga akan dua pasang sandal tersebut, dan langsung mengeceknya dan ternyata benar, di dalam gedung ada dua tak dikenal orang tengah memanen sarang walet miliknya.

Merasa kesal akan aksi dua pencuri tersebut, sang korban Rustam pun segera memanggil warga sekitar. Selang berapa lama sejumlah warga datang mengepung kedua pelaku pencuri, sejumlah warga tersebut berteriak dan alhasil kedua pencuri ketakutan serta mencoba melarikan diri. Akan tetapi karena warga telah mengepung tempat tersebut, akhirnya kedua sahabat itupun ditangkap dan dihajar massa dan babak belur.

Kapolres Muba, AKBP Ahmad Ihsan, melalui KBO Satreskrim Polres Muba Iptu Dedi Harianto mengatakan, kejadian sendiri terjadi sekitar pukul 02.30, kedua pelaku memanjat pagar dengan tinggi 1 meter setengah. Kemudian naik ke gedung tersebut dengan menggunakan bambu dan tali tambang.

"Setelah mereka memanjat dan mulai memanen sarang walet. Sang pemilik memergoki kedua pelaku tengah memanen sarang walet miliknya, mereka ditangkap ketika warga telah mengepung lokasi tersebut," kata Dedi, ketika dikonfirmasi, Senin (6/4/15).

Beruntung pada saat kejadian pihak kepolisian berada dilokasi, dan kedua pelaku langsung diamankan beserta barang bukti (BB). "Dari penagkapan kedua pelaku berhasil diamankan BB sarang walet untuk sample seberat 1 ons, tali tambang, bambu dan dodos untuk memanen sarang walaet. Mengenai penjualan sarang walet sendiri, saat ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut," ungkapnya.

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved