Kanal

Fokus Atasi Pengangguran, ASRI Kejar Target Ciptaan 100.000 Wirausaha Lewat OK OCE Kito

Cawagub Sumsel Nomor urut 2 HM Irwansyah SSos MSi bersama Tim ASRI berbaur dengan pedagang gerobak. - SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) nomor urut dua, Aswari-Irwansyah menilai, salah satu masalah yang harus diatasi di Sumsel adalah lapangan pekerjaan.

Berdasarkan data International Labor Organization (ILO), angka pengangguran usia muda Indonesia pada tahun 2016 ialah 18,6 persen dari jumlah total tenaga kerja.

Data lain yang dirilis oleh Asean Community Report 2015 menyebutkan angka pengangguran muda di Indonesia menempati posisi pertama dibandingkan negara Asean lainnya yaitu sebanyak 1 juta sarjana berstatus sebagai pengangguran.

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel no.2, Aswari-Irwansyah (ASRI) mengatakan, informasi tersebut memotivasi keduanya untuk terus fokus mengatasi pengangguran dengan membuat strategi edukasi bagi masyarakat Sumsel agar memiliki jiwa enterprenuership/kewirausahaan.

Angka pengangguran yang tinggi tersebut menjadi semangat bagi pasangan ini untuk lebih fokus atasi pengangguran dengan menggiring pemikiran masyarakat Sumatera Selatan supaya memiliki jiwa enterpreneurship/kewirausahan lewat program ok Oce kito yang menjadi program oncak pasangan no.2 ini.

"Untuk atasi masalah pengangguran di Sumsel, kami mengejar target penciptaan sebanyak 100.000 wirausaha baru dalam lima tahun mendatang dengan program OK OCE Kito," ungkap Aswari, Jumat (11/5/2018).

Menurut Bupati Lahat dua periode yang beragkat dari seorang pengusaha membawa bendera Cendrawasih Bungsu ini, penguatan wirausaha mandiri ini tidak hanya bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pengangguran, namun juga akan mendongkrak ekonomi masyarakat secara langsung.

Program OK OCE Kito ini diharapkan bisa menjadi gerakan mandiri enterpreneur sebagai solusi atasi permasalahan negara yaitu pengangguran.

"Tujuan kami cuma satu, agar masyarakat Sumatera Selatan bisa mandiri. Pemudanya bisa bekerja membangun Sumatera Selatan, tidak hanya keluhan susah cari pekerjaan saja. Karena itu nanti nya bila terpilih kita ubah cara berfikir masyarakat kita bahwa pekerjaan, kita yang menciptakan sendiri." kata Irwansyah yang mantan Walikota Pangkalpinang.

Sebagai informasi, OK OCE Kito atau One Kecamatan One Center for Entrepreneurship Kito adalah salah satu program unggulan Aswari-Irwansyah. Hal ini terinspirasi dari suksesnya wakil gubernur Sandiaga Uno menerapkan OK OCE di DKI Jakarta.

"Secara keseluruhan tidak ada perbedaan antara OK OCE Kito Sumsel dan OK OCE di DKI Jakarta. Nantinya akan ada pelatihan, pendampingan, serta pemberian modal kepada peserta." pungkasnya.

Aswari-Irwansyah merupakan pasangan calon nomor urut 2 yang didukung oleh partai Gerindra dan PKS di pemilihan kepala daerah (pilkada) Sumatera Selatan. Keduanya berhasil maju di Pilkada Sumsel setelah mengantongi 15 kursi di DPRD Provinsi Sumatera Selatan. 

Baca: Buat Pusat Ekonomi Umat, Cara ASRI Atasi Pengangguran Masyarakat Sumsel

Baca: Tak Hanya Omong Doang, ASRI Bakal Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal, Berikut Programnya!

Baca: Hadiri Konsolidasi Kader Partai Gerindra se Sumsel, ASRI Dipesani Kalau Sudah Terpilih Ojo Lali

Baca: Cegah Korupsi, ASRI Apresiasi KPK Bekali Calon Kepala Daerah di Sumsel

Baca: Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, ASRI Disambut Warga dengan Dangdutan, Ini Lagunya

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Berita Populer