PP Muhammadiyah Keluarkan Maklumat, PW Muhammadiyah Sumsel Ikuti Intruksi Awal Puasa dan Lebaran

Dengan telah dikeluarkannya maklumat dari pusat, artinya harus juga diikuti dengan Pimpinan wilayah berbagai Provinsi termasuk di Sumatera Selatan.

PP Muhammadiyah Keluarkan Maklumat, PW Muhammadiyah Sumsel Ikuti Intruksi Awal Puasa dan Lebaran
Google
Puasa Ramadhan 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Reigan Riangga

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Meski Bulan Suci Ramadhan masih dua bulan lagi, namun Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat tentang penetapan awal puasa Ramadhan dan lebaran.

Dengan telah dikeluarkannya maklumat dari pusat, artinya harus juga diikuti dengan Pimpinan wilayah berbagai Provinsi termasuk di Sumatera Selatan.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel, Romli berkata bahwa, jika Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat, artinya harus diikuti di daerah lainnya se Indonesia.

"Dalam maklumat itu, 1 Ramadhan jatuh pada 6 Mei 2019 dan lebaran 5 Juni 2019. Artinya kita harus mengikuti instruksi itu," ungkap Romli kepada Sripoku.com, Senin (25/3/2019).

Menurutnya, penetapan itu berdasarkan hasil metode hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Dengan metode hisab memungkinkan masyarakat tahu sejak dini awal bulan dalam Islam.

Tertahan Kabel Listrik, Pohon Tumbang di Jalan Kpaten Anwar Sasti Nyaris Timpa Satu Rumah

Gubernur Herman Deru Apresiasi PonpesSebagai Pusat Pendidikan Akhlak, Moral dan Cinta Al-Quran

"Metode hisab berbeda dengan metode ruyatul hilal yang digunakan pemerintah, yaitu secara manual mengamati langsung penampakan awal bulan menggunakan teleskop di beberapa titik di Indonesia," jelas dia.

Maklumat itu tertulis dalam nomor 01/MLM/I.0/E/2019 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah 1440 Hijriah.

"Lebaran atau 1 Syawal 1440 jatuh pada Rabu Legi, 5 Juni 2019. Kemudian Hari Arafah jatuh pada hari Sabtu, 10 Agustus 2019, dan Idul Adha pada Minggu, 11 Agustus 2019," ujarnya.

Tanggapi Respon Channel Youtube Baim dan Paula, Paula Verhoeven: aku nggak terlalu suka di blow up

Jarang Diterpa Gosip & Baru Ulang Tahun Intip Kisah Romantis Vino G Bastian & Marsha Timothy, Baper?

Maklumat itu ditandatangani Ketua Umum Haedar Nashir dan Sekretaris Agung Danarto.

Pemerintah sendiri menetapkan Idul Fitri setelah menggelar sidang isbat. Namun, dalam daftar libur dan cuti bersama 2019 yang dirilis pemerintah tahun lalu, disebutkan bahwa Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 5 dan 6 Juni 2019 hari Rabu dan Kamis.

"Jika berbeda dengan pemerintah tentang pantauan hilal, yang jelas kita sudah menetapkan dengan perhitungan sendiri dari Muhammadiyah," ujar Romli.

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved