Berita Palembang

Cegah Paham Radikalisme di Dunia Pendidikan, Ahmad Nadjib Lantik Ketua FKUU di 17 Kab/Kota di Sumsel

Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Pemprov Sumsel lakukan pelantikan pengurus Forum Komunikasi Ulama dan Umaroh (FKUU)

Cegah Paham Radikalisme di Dunia Pendidikan, Ahmad Nadjib Lantik Ketua FKUU di 17 Kab/Kota di Sumsel
SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Pemprov Sumsel lakukan pelantikan 17 pengurus Forum Komunikasi Ulama dan Umaroh (FKUU) Khusus Pendidikan Provinsi Sumsel Tahun 2019-2023 di aula SMAN 1 Palembang pada, Jumat (15/03/2019). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Mencegah paham radikalisme berkembang di dunia pendidikan, khususnya di Sumsel, Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Pemprov Sumsel lakukan pelantikan pengurus Forum Komunikasi Ulama dan Umaroh (FKUU) Khusus Pendidikan Provinsi Sumsel Tahun 2019-2023.

Setidaknya ada 17 ketua FKUU se-Kota dan Kabupaten Sumsel yang dilantik di aula SMAN 1 Palembang pada, Jumat (15/03/2019).

Ahmad Nadjib mengatakan pelantikan tersebut bertujuan agar terjadi kesinambungan antara ulama dan umara di antaranya untuk saling mengingatkan dan mendorong, saling mendorong bukan hanya dalam hubungan manusia dengan sang pencipta (hablum minallah) tapi juga hubungan antar sesama manusia (hablum minannas).

"Peran masing-masing ketua di tiap daerah ini sangat strategis apalagi dekat Pemilu Serentak," katanya.

Menurutnya, lewat pendidikan baik pendidikan dari rumah maupun sekolah hingga perguruan akan sangat efektif sebagai pintu masuk menangkal masalah sosial, narkoba perkembangan paham radikalisme.

Upaya tersebut pun perlu digaungkan pada anak-anak jangan sampai  paham radikalisme masuk lewat pendidikan dan lewat pengajaran dari guru.

Oleh karena itu, tambah dia, lewat forum ini diharapkan bisa  meningkatkan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathoniah.

"Dan lebih dari itu, nantinya bisa tidak hanya kerja sama untuk umat Islam namun juga untuk kerukunan antar umat beragam dan kepekaan sosial dalam kehidupan masyarakat," tambahnya.

Ketua FKUU Sumsel, Amiruddin Nahrawi mengatakan forum yang terdiri dari kepala sekolah di Sumsel ini paling tidak berfungsi sebagai langkah agar kepala sekolah tidak ditakut-takuti oleh preman dan pihak lain di lapangan.

Halaman
123
Penulis: Jati Purwanti
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved