26 Mahasiswa UPGRI Ikuti Pladiksar Mapala PALASPA

Pladiksar PALASPA dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 8-9 Desember di Gedung H kampus Universitas PGRI Jalan A Yani Lorong Gotong Royong K

26 Mahasiswa UPGRI Ikuti Pladiksar Mapala PALASPA
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Warek 3 Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi Mpd secara simbolis memasangkan scrab kepada calon anggota PALASPA 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Manjalankan program tahunan dari sebuah organisasi mahasiswa Pecinta Alam Universitas PGRI Palembang PALASPA, menggelar Pelatihan Didikan Dasar (Pladiksar) XXIII.

Pladiksar PALASPA dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 8-9 Desember di Gedung H kampus Universitas PGRI Jalan A Yani Lorong Gotong Royong Kecamatan SU II Palembang.

Calon Anggota (CA) PALASPA mengikuti pelatihan tersebut berjumlah 26 orang terdiri dari 10 Laki-laki dan 16 perempuan.

Ketua Umum Mapala PALASPA, Riko Pramatama menuturkan, bahwa kegiatan Plasiksar ini merupakan tahap awal proses penjaringan menjadi anggota penuh dari sebuah organisasi Pecinta Alam.

Melalui kegiatan ini, kata Riko, diharapkan agar dapat mengasah kemampuan dari para anggota itu sendiri, seperti memahami teknik serta keamanan dari tiap kegiatan yang berkecimpung di alam bebas tersebut.

"PALASPA sendiri memiliki 4 divisi, yakni Panjat Tebing, Gunung Hutan, Lingkungan Hidup dan Arung Jeram (Rafting) yang semuanya bergerak di alam Rimba," jelas Riko, Sabtu (9/12/2018).

Menurutnya, kegiatan tersebut penting dilakukan, agar para CA memahami apa saja ilmu pengetahuan yang diberikan seperti, teknik Panjat Dinding serta mendaki gunung maupun olahraga arus deras di sungai.

"Tahap awal ini dominan meteri yang kita berikan sebelum Diklat tahap ke Dua di Gunung Dempo yang langsung turun ke alam bebas. Tentu tidak hanya pengetahuan, fisik yang kuat juga harus di asah sebelum mereka melakukan pengembaraan agar menjadi anggota penuh ke luar pulau Sumatera," jelasnya.

Warek (wakil rektor) 3 Bidang Kemahasiswaan Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi Mpd berkata, ini merupakan kaderisasi bagi penerus dalam menjaga kekayaan alam di Indonesia khususnya di Palembang.

"CA merupakan bagian terdepan, bukan hanya menjaga tapi juga untuk menikmati kekayaan alam di Indonesia termasuk terbaik di dunia. Saya bandingkan dengan negara lain seperti Malaysia, Singapura. Dimana, kita merupakan bagian kecil tapi kita harus ikut adil untuk menjaga kekayaan alam yang Indah ini," jelasnya.

====

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved