Berita Banyuasin

Peringati HKN ke-54.Diskes Banyuasin Berikan Kemudahan Berobat Cukup dengan E-KTP

Dinas Kesehatan memberikan terobosan baru untuk kemudahan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Banyuasin.

Peringati HKN ke-54.Diskes Banyuasin Berikan Kemudahan Berobat Cukup dengan E-KTP
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Bupati Banyuasin H, Askolani, SH., MH mengunjungi setiap stand pada acara HKN ke-54, Senin (19/11/2018). 

Laporan wartawan sripoku.com, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, BANYUASIN--Menperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-54 Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memberikan terobosan baru untuk kemudahan pelayanan kesehatan seluruh masyarakat di Kabupaten Banyuasin.

Bertema "Aku Cinta Sehat", dan Sub Tema Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita", Kabupaten Banyuasin pada kegiatan HKN, melaunching kesehatan gratis cukup menggunakan e-KTP di tingkat Puskesmas.

"Jadi ini program Banyuasin sehat, jadi program ini hanya diberlakukan sementara di Puskesmas yang ada di Kabupaten Banyuasin, jadi untuk di lanjutkan ke rumah sakit, tetap menggunakan administrasi BPJS,"ujar Bupati Senin (19/11/2018).

Dikatakannya saat ini telah 60 persen lebih masyarakat di Kabupaten Banyuasin telah ditanggung oleh BPJS sementara sisahnya kedepannya akan segera diberikan fasilitas BPJS, "untuk langkah awal masyarakat yang ingin berobat ke Puskemas cukup dengan e-KTP sudah bisa dilayani,"tambah Askolani.

Baca: Kebobolan Gawang Membuat Tekanan Psikologis bagi Seorang Kiper. Begini Kata Teja Paku Alam

Baca: Rumah Panggung Ilyas di Desa Belanti Tanjung Raja Ogan Ilir Jadi Abu

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabuapaten Banyuasin Dr. H Masagus. M Hakim M. Kes menerangkan perbedaan yang mendasar dari program Banyuasin sehat dengan program Provinsi yang sebelumnya telah ada terletak pada adimnistrasi dengan hanya cukup menggunakan e-KTP.

"Kalau sebelumnya perlengkapan berkas semuanya harus lengkap, sekarang lebih simple dan mudah cukup menggunakan e-KTP,"ujar Masagus.

Di kegiatan HKN yang ke-54 pemkab Banyuasin juga menyerahkan bantuan 3 unit puskemas keliling (pusling) yang sebelumnya telah terdapat 20 unit pusling yang telah tersebar di setiap daerah.

Ketiga bantuan kendaraan pusling yang akan diletakan di daerah Sungsang, Tungkal Ilir dan Karang Agung Ilir, guna membantu mempermudah masyarakat membawa orang sakit ke rumah sakit.

Berdasarkan kebutuhan masyarakat ditargetkan sebanyal 25 unit kendaran mobil Puskesmas keliling (pusling) di hari HKN telah diberikan tiga unit yang sebelumnya terdapat 20 unit yang akan diusahakan secepatnya sebanyak 2 buah pusling.

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved