Berita Banyuasin

MPLS SMKPP Negeri Sembawa Bentuk Karakter Siswa Disiplin, Religius dan Mandiri

SMKPP N Sembawa melakukan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) terhadap 160 calon siswa baru.

MPLS SMKPP Negeri Sembawa Bentuk Karakter Siswa Disiplin, Religius dan Mandiri
IST
Masa pengenalan lingkungan sekolah di SMKPP Negeri Sembawa Banyuasin Sumsel 16 Juli 2018. 

BANYUASIN - “Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta” kata sebuah pepatah. Maka dari itu Senin 16 Juli 2018 SMKPP N Sembawa melakukan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) terhadap 160 calon siswa baru.

Kegiatan MPLS telah dimulai sejak malam senin di Asrama Sadewa SMKPP N Sembawa.

Kegiatan awal adalah pengenalan aturan/tata tertib di lingkungan Asrama Sadewa seperti aturan menjaga kebersihan, aturan jam belajar dan istirahat serta aturan tata cara makan di dapur asrama.

Kegiatan MPLS pada malam senin tersebut dilakukan oleh siswa yang tergabung dalam panitia “SATGAS (Satuan Petugas)”, ketua serta Pembina “Asrama Sadewa”.

“SMKPP N Sembawa tahun depan telah bertransformasi menjadi Politeknik Pertanian (Polbangtan). Karena Polbtangtan adalah sekolah tinggi yang menuntut kedisiplinan maka budaya disiplin tersebut sudah harus mulai diterapkan terhadap siswa baru SMKPP N Sembawa saat ini. Kita mulai menanam budaya disiplin mulai dari hal kecil seperti wajib membuang sampah pada tempatnya, wajib mengantri dan tertib dalam makan, serta wajib mengikuti aturan jadwal Asrama Sadewa” Tegas kepala asrama Sadewa, Yunus, S.Pd.

Berbeda dengan angkatan sebelumnya, siswa baru SMKPP N Sembawa tahun ini wajib mengikuti kegiatan apel pagi dan apel malam.

Hal tersebut dilakukan untuk membentuk karakter disiplin dan menumbuhkan daya juang yang tinggi terhadap siswa SMKPP N Sembawa.

Setiap hari siswa baru SMKPP N Sembawa harus bangun sebelum jam 4 pagi untuk shalat subub berjamaah.

“Berat rasanya pak harus bangun pagi, ikut apel pagi dan apel malam. Saya di rumah biasanya bangun jam 6 pagi, di sini saya harus bangun sebelum jam 4. Tapi saya siap untuk mengikuti seluruh aturan yang ditentukan karena masuk SMKPP N Sembawa adalah pilihan dan keinginan saya pribadi” kata salah satu siswa baru SMKPP N Sembawa.

Atribut wajib pada kegiatan MPLS bagi siswa baru SMKPP N Sembawa adalah “nama bagus”. Nama bagus berupa nama tumbuhan, nama hewan ternak dan nama alat-alat pertanian.

Halaman
12
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved