Asian Para Games 2018

Borong Medali di Tes Event, NPC Sumsel Optimis Target 4 Emas di Asian Para Games 2018

Atlet Difabel Sumatera Selatan (Sumsel) mendapat modal kepercayaan diri yang luar biasa. Pasalnya, mereka baru saja memboyong 13 medali emas

Borong Medali di Tes Event, NPC Sumsel Optimis Target 4 Emas di Asian Para Games 2018
SRIPOKU.COM/RESHA
Atlet Difabel Renang NPC Sumsel Beijita, Kepala Dispora Provinsi Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo, Atlet Difabel Renang NPC Csumsel Jendy Pangabean dan Kabid Humas KONI Sumsel Darmansyah (Kiri-Kanan). Kedua atlet tersebut saat ini menghuni kemah Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk persiapan menghadapi Asian Para Games 2018 Oktober mendatang. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Resha

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Atlet Difabel Sumatera Selatan (Sumsel) mendapat modal kepercayaan diri yang luar biasa. Pasalnya, mereka baru saja memboyong 13 medali emas di ajang Tes Event Asian Para Games di Jakarta akhir pekan lalu.

Hal ini membuat para atlet difabel Sumsel yang saat ini menghuni camp Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) menjadi optimis dalam menatap perhelatan Asian Para Games 2018 Oktober mendatang.

Sebab, tes event di Jakarta itu boleh dikatakan sebagai simulasi sebelum gelaran multi-event olahraga level Asia Difabel tersebut.

"Track record kita mengalami kenaikan dan ini sangat bagus. Walaupun tes event ini tidak semua diikutkan, hanya beberapa. Ada Jendy yang borong 4 emas, kemudian Agus Tibambela dan lainnya," ujar Ketua Umum National Paralympic (NPC) Sumsel, Ryan Yohwari, Selasa (10/7/2018).

Baca: Empat Atlet NPC Sumsel Tembus Test Event Asian Para Games 2018

Walaupun merupakan tes event, namun ada beberapa negara yang memilih absen dalam kejuaraan tersebut. Tidak semua pelatnas diikutkan tapi peserta tetap level Asia seperti Asian Games seperti Kazhakstan, Singapura, Australia, Malaysia, Thailand dan lainnya.

"Artinya, dengan beberapa saja kita sumbang 13 emas. Tapi kita tetap target awal bahwa di Asian Para Games menargetkan bisa menyumbang 4 emas untuk Indonesia," tuturnya.

Ryan mengatakan, saat ini ada 12 atlet yang sudah menghuni kemah Pelatnas untuk persiapan menghadapi Asian Para Games 2018 mendatang. Ke-12 atlet tersebut berasal dari Catur (4 orang), Atletik (2 orang), Renang (2 orang), serta Tenis Meja, Anggar, Boling, dan Golbol masing-masing satu orang.

“Ada dua lagi yang capai limit tapi masih promosi. Tapi yang jelas 15 atlet kita bisa memberikan yang terbaik," urainya.

Baca: Jendi Panggabean Cs Targetkan Raih Empat Medali Emas di Asian Para Games 2018

Sementara itu salah satu sprinter asal Sumsel Agus Tinambela yang turun di Asian Para Games 2018 mendatang mengatakan, latihan dan tes event yang diikutinya sangat membantu untuk meningkatkan kualitas saat bertarung dan membaca kekuatan lawan.

Sehingga di sisa 4 bulan jelang pelaksanaan, ia wajib menjaga performa latihan agar tetap maksimal.

"Yang jelas porsi latihan ditingkatkan. Karena ini bukan ASEAN Para Games tapi Asian Para Games, jadi lebih luas lagi karena level Asia," jelasnya.

Penulis: RM. Resha A.U
Editor: Reigan Riangga
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved