Kawasan Dieng Diselimuti Embun Es, Ini Keterangan Mereka yang Mengabadikannya

Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jumat (6/7/2018) pagi, diselimuti embun es. Hal ini lumrah terjadi di musim kemarau.

Kawasan Dieng Diselimuti Embun Es, Ini Keterangan Mereka yang Mengabadikannya
tripadvisor.com
Candi-Candi di Dataran Tinggi Dieng. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA – Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jumat (6/7/2018) pagi, diselimuti embun es. Hal ini lumrah terjadi di musim kemarau.

Dari keterangan Kepala Pusat Data dan Informasi sekaligus Humas Badan Nasional Penangunggalan Bencana (BNBP), Sutopo Purwo Nugroho, melalui akun Twitter-nya, @Sutopo_PN, embun es terdapat di Pegunungan Dieng.

Berita Lainnya:
Yuk, Berwisata di Negeri di Atas Awan Dataran Tinggi Dieng

“Embun es menutup permukaan tanah dan lahan pertanian di Pegunungan Dieng. Fenomena dinginnya cuaca saat ini adalah normal saat kemarau. Cuaca cerah siang hari menyebabkan potensi terjadinya hujan menjadi minim. Angin dominan dari Australian bersifat kering,” twit Sutopo.

Embun es menutup permukaan tanah dan lahan pertanian di Pegunungan Dieng. Fenomena dinginnya cuaca saat ini adalah normal saat kemarau. Cuaca cerah siang hari menyebabkan potensi terjadinya hujan menjadi minim. Angin dominan dari Australia bersifat kering. pic.twitter.com/AelOfuMbaV

Di kawasan Dieng, masyarakat menyebut embun es seperti ini sebagai fenomena Embun Upas atau Embun Kupas.

Meski bukan kali pertama terjadi, turunnya embun es ini menarik perhatian masyarakat yang berada di sekitar kawasan Dieng.

Banyak dari mereka yang mengabadikan fenomena embun upas dan membaginya di media sosial pada Jumat pagi ini.

Salah satunya, dari akun Instagram Aji Pangestu, @ajibo0n, yang merupakan warga Dieng. Dia membagikan foto rerumputan yang diselimuti kristal es.

Saat itu, suhu terdeteksi 5 derajat Celcius. Menurut Aji, kejadian seperti ini terjadi setiap tahun antara Juli-Agustus.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help