SriwijayaPost/

Yuk, Berwisata di Negeri di Atas Awan Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi Dieng, di Provinsi Jawa Tengah menawarkan kesan dan pengalaman tersendiri bagi para wisatawan. Kawasan yang disebut

Yuk, Berwisata di Negeri di Atas Awan Dataran Tinggi Dieng
Pegipegi.com
Candi Arjuna, salah satu destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. 

SRIPOKU.COM - SEMARANG – Dataran tinggi Dieng, di Provinsi Jawa Tengah menawarkan kesan dan pengalaman tersendiri bagi para wisatawan. Kawasan yang disebut negeri di atas awan itu tidak saja menawarkan keindahan potensi alamnya, namun juga keindahan budaya itu sendiri.

Berita Lainnya:  Mengenal Kawah Sileri, Kawah Terganas Dieng yang Mampu Lenyapkan Desa

KompasTravel berkesempatan mengelilingi kawasan wisata itu pertengahan November 2017. Sepanjang perjalanan terutama dari jalur utama Kabupaten Wonosobo, pemandangan indah kebun kentang, dan carica terjadi begitu apik

Jalanan menuju Dieng yang menanjak menambah sensasi tersendiri dalam perjalanan.

Butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai di kawasan Dieng dari kota Wonosobo. Waktu tempuh yang cukup lama itu karena jalanan dilalui secara menanjak. Di perjalanan, anda juga bisa berhenti sejenak di gardu pandang, tepat sebelum memasuki kawasan Dieng.

Destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017. (KOMPAS.com/NAZAR NURDIN)

Di sana, Anda dapat melihat hamparan Gunung Sindoro yang terlihat begitu jelas di depan mata. Setelah puas, perjalanan masih dilanjutkan dengan tanjakan dan turunan yang amat curam.

Tanaman kentang menyambut Anda baik di kanan maupun di kiri jalanan. Begitu pula rumah-rumah penduduk yang beratap asbes.

Setelah sampai di tugu Selamat Datang, barulah anda tiba di "negeri di atas awan". Ya, awan putih yang biasa dilihat di atas kini beraktivitas beriringan dengan. Dari sini, Anda bisa menikmati obyek wisata alami maupun yang dikemas oleh pemuda setempat.

Beberapa obyek wisata alami yang populer dikunjungi seperti kawasan Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Merdada, Kawah Sileri, Kawah Candradimuka, Jalatunda, dan Museum Kaliasa. Wisata itu, terutama Candi Arjuna dan Kawah Sikidang selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dalam dan luar negeri.

Candi Arjuna, salah satu destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017.
Candi Arjuna, salah satu destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017. (KOMPAS.com/NAZAR NURDIN)

Hingga Oktober 2017, kawasan wisata alami di Dieng itu setidaknya dikunjungi sekitar 314.655 wisatawan. Dieng sendiri menjadi salah satu empat kawasan yang dipromosikan menjadi pariwisata kelas dunia.

Kepala UPTD Pariwisata Dieng Kabupaten Banjarnegara, Ibnu Hasan mengatakan, sepanjang 2017 baru ada 314.000 wisatawan yang singgah. Spot wisata yang ramai dikunjungi yaitu Candi Arjuna dan kawah Sikidang. Candi Arjuna menyajikan sejumlah bangunan candi peninggalan Mataram Kuno.

“Di Dieng, terbanyak mengunjungi Candi Arjuna itu 154.193 wisatawan domestik dan 2.411 wisatawan asing, lalu Kawah Sikidang 131.860 wisatawan domestik dan 1.438 wisman asing, dan Sumur Jalatunda 13.523 wisatawan,” kata Ibnu.

Candi Arjuna, salah satu destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017. (KOMPAS.com/NAZAR NURDIN)
Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help