Usai Gaji Honorer, Alex Noerdin Perintahkan Naikkan TPP 7000 ASN Pemprov Sumsel, Segini Jumlahnya

"Rencananya TPP naik dua kali lipat dari yang diterima sekarang. Kami saat ini masih menyelesaikan susunan RKPD 2019 dahulu

Usai Gaji Honorer, Alex Noerdin Perintahkan Naikkan TPP 7000 ASN Pemprov Sumsel, Segini Jumlahnya
Dok Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin pada kegiatan sosialisasi Games XVIII tahun 2018 yang dihadiri ribuan tenaga honorer se-Kota Palemban di Gedung Sriwijaya Promosi Center Jakabaring, Rabu (30/05/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menaikkan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi 7.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) dua kali lipat.

Kenaikan tunjangan ini sesuai dengan arahan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dan rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu.

7.000 ASN tersebut, dikatakan Kepala BPKAD Provinsi Sumsel, Achmad Muchlis tak termasuk ASN yang berprofesi guru. Sebab, menurutnya kesejahteraan guru dianggap sudah tercover dari dana sertifikasi.

"Rencananya TPP naik dua kali lipat dari yang diterima sekarang. Kami saat ini masih menyelesaikan susunan RKPD 2019 dahulu. Baru akan dimasukkan kedalam pengajuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun ini," ujarnya, Senin (2/7/2018).

Mukhlis menjelaskan, dengan meningkatnya tunjangan diharapkan kinerja ASN dapat lebih baik termasuk menekan potensi tindak korupsi, lalu pertimbangan berikutnya TPP yang diterima PNS/ASN saat ini nilainya memang sudah jauh lebih kecil dari sejumlah daerah lain.

"Tidak usah jauh-jauh, bahkan jika dibandingkan dengan tunjangan yang diterima ASN Pemerintah Kota Palembang saja jumlahnya sudah sangat jauh," ujarnya.

Adapun ketentuan besaran TPP saat ini, yakni Rp 15 juta per bulan untuk tingkat eselon I, lalu Rp 10 juta untuk eselon II atau setingkatnya, kemudian Rp 6 juta untuk eselon III, dan Rp 4,5 juta untuk eselon IV.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengungkapkan kenaikkan tunjangan tersebut nantinya dapat diajukan di APBD Perubahan tahun ini. “Saya tau pasti TPP Pemprov Sumsel'>ASN Pemprov Sumsel kecil, untuk itu TPP harus naik 100 persen,” katanya.

Diharapkan, kata Alex, seluruh ASN dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help