Berita Muaraenim

Pratap Singh, Warga Nepal yang Menikahi Warga Kota Agung Lahat Akhirnya Dideportasi

Tertangkapnya Pratap Singh, kata Telmaizul, sewaktu ia akan mengajukan pemohonan pembuatan paspor ke Kantor Imigrasi Klas II Muaraenim.

Pratap Singh, Warga Nepal yang Menikahi Warga Kota Agung Lahat Akhirnya Dideportasi
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Tampak Pratap Singh memakai baju orange saat mengikuti jumpa pers di Kantor Imigrasi Kelas II Muaraenim, Senin (7/5/2018). Pratap Singh akan segera dideportasi ke negaranya Nepal. 

Laporan wartawan sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM---Setelah melalui proses hukum, akhirnya Pratap Singh Tamang alias Denny Mohamad Pratama (45), dideportasi oleh Imigrasi Kelas II Muaraenim ke negara Nepal.

"Setelah mendapat kepastian dari Duta Besar Nepal, kita lakukan deportasi," ujar Kepala Kantor Imigrasi Klass II Muaraenim Telmaizul didámpingi Washington Napitulu, Kasi Lalintuskim di aula Kantor Imigrasi Klass II Muaraenim, Senin (7/5/2018).

Menurut Telmaizul, Pratap diamankan karena telah melanggar pasal 75 ayat 1, UU No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian yakni telah memasuki dan menetap di wilayah NKRI secara ilegal.

Dan atas kesalahannya, kita sudah melakukan detensi dan tindakan hukum yang hasilnya melakukan deportasi kepadanya.

Tertangkapnya Pratap alias Denny, kata Telmaizul, sewaktu ia akan mengajukan pemohonan pembuatan passport ke Kantor Imigrasi Klas II Muaraenim.

Seluruh persyaratan dipenuhinya mulai dari KK, KTP dan lain-lain, namun pada saat dilakukan wawancara, petugas mencurigai gaya bahasa (dealek) dari pemohon.

Awalnya ia (Pratap) tidak mengakui sebagai WNA, namun setelah dilakukan pendekatan persuasif akhirnya mengakui jika dirinya adalal WNA yang berasal dari Nepal.

Setelah mendapatkan pengakuan tersebut, langsung dilakukan detensi (penahanan) kepada Pemohon untuk dilakukan penyelidikan.

"Kita deportasi dan tangkal selama enam bulan. Kalau mau ke Indonesia lagi sudah masa penangkalan. Kita juga manusia, ia (Pratap) ada istri dan anak di Indonesia (Lahat)," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help