Pemilihan Gubernur Sumsel

Kowad dan Polwan Dijadikan Penyejuk Suasana Debat Kandidat Pilgub Sumsel di Hotel Novotel

Tak hanya mengerahkan anggota berpakaian dinas dan preman, tetapi juga mengerahkan Polwan dan Kowad di acara debat kandidat.

Kowad dan Polwan Dijadikan Penyejuk Suasana Debat Kandidat Pilgub Sumsel di Hotel Novotel
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Kapendam II Swj Letkol Inf Choiril, Anwar SSos 

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Welly Hadinata

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pengamanan debat kandidat Cagub dan cawagub Sumsel di Hotel Novotel Palembang, akan mengerahkan pasukan gabungan dari TNI Polri.

Tak hanya mengerahkan anggota berpakaian dinas dan preman, tetapi juga mengerahkan Polwan dan Kowad.

Polwan dan Kowad yang diturunkan ini, nantinya akan menjadi penyejuk suasana debat kandidat. Mereka akan ditempatkan diantara timses masing-masing paslon atau sebagai pembatas.

"Anggota gabungan yang dikerahkan dari TNI dan Polri sebanyak 650 personil, terdiri dari 590 personil polisi dan 60 personil TNI. Ada juga mengerahkan 100 Polwan dan 15 Kowad untuk penyejuk suasana debat," ujar Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Slamet Widodo, Selasa (13/3/2018).

Pengamanan akan dilaksanakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Anggota yang dibagi menjadi beberapa tim ini, fokus di dalam dengan anggota berpakaian lengkap.

Sedangkan, untuk pengamanan di luar selain mengerahkan anggota berpakaian lengkap termasuk Brimob juga menyebar intel di sekitar lokasi debat. Polda Sumsel juga mengerahkan Tim K9 dan anjing pelacak untuk ikut pengamanan.

"Kami himbau kepada simpatisan masing-masing Paslon jangan ramai datang ke Novotel, karena yang masuk ke dalam ruangan debat dibatasi. Cukup nonton bersama di posko masing-masing, mengingat jumlah yang boleh masuk Novotel terbatas dan pengaman juga diperketat," katanya.

Kapendam II Sriwijaya Letkol Inf Choiril Anwar mengatakan, dalam pengamanan debat kandidat ini, Kodam II Sriwijaya juga ikut memback up anggota untuk pengamanan.

"Hal tersebut merupakan realisasi atas MOU Panglima TNI dengan Kapolri pada rapat pimpinan TNI Polri tanggal 23 Januari 2018 di Markas Besar TNI Cilangkap Jakarta Timur beberapa waktu lalu dalam hal perbantuan TNI kepada Polri dalam menghadapi Pilkada 2018," ujarnya.

Atas dasar tersebut, Kapolda Sumsel telah mengajukan permohonan perbantuan pengamanan debat Cagub dan Cawagub di Hotel Novotel Palembang yang langsung direspon Pangdam II Sriwijaya.

"Untuk tugas Kowad, tentunya mereka disesuaikan dengan tugas yang diberikan Karo Ops Polda. Yang jelas, tugas mereka sama dengan rekan-rekan Polwan yang bertugas di lokasi kegiatan," katanya.(Welly Hadinata)

Penulis: Welly Hadinata
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved