Kereta Api Indonesia

Sukseskan Gerakan Satu Juta Pohon, KAI Divre III Tanam Pohon & Hijaukan Stasiun di Berbagai Daerah

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero turut mensukseskan program Hari Gerakan Satu Juta Pohon dengan melakukan penanaman pohon serentak

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Humas PT KAI Palembang
Kepala Divisi Regional III Palembang Junaidi Nasution saat menyiram pohon yang sudah ditanam pada hari Gerakan Satu Juta Pohon 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero turut mensukseskan program Hari Gerakan Satu Juta Pohon dengan melakukan penanaman pohon serentak di berbagai wilayah kerjanya yang mencakup Daerah Operasi, Divisi Regional, Balai Yasa, dan Anak Perusahaan.

Untuk wilayah KAI Divre III Palembang aksi penghijauan ruang publik ini secara seremonial dilaksanakan oleh Direktur pengembangan dan Perencanaan Strategis, Jhon Roberto.

Kepala Divisi Regional III Palembang Junaidi Nasution, Direktur Utama KAI Properti Yosep Ibrahim beserta jajaran manajemen dan Anak Perusahaan, di stasiun Kertapati, Selasa (10/1/2023).

Penanaman pohon ini merupakan salah satu upaya KAI dalam mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Satu Juta Pohon yang diperingati setiap tanggal 10 Januari.

Penanaman pohon secara serentak ini juga merupakan salah satu bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan KAI melalui program KAI Go Green.

Kepala Divisi Regional III Palembang Junaidi Nasution mengatakan, program penghijauan melalui penanaman pohon serentak ini ditujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan dapat menangkal polusi udara. 

“Penanaman pohon ini merupakan salah satu pelaksanaan program strategis perusahaan yang sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari PBB terkait melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan," ujar Junaidi Nasution.
  
Program penghijauan di Stasiun Linggapura tersebut dilakukan dengan menanam pohon trembesi, tabebuya, pule, dan buah-buahan.

Adapun secara keseluruhan penanaman serentak ini dilakukan di berbagai stasiun, lingkungan kantor dan aset perusahaan lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas udara agar semakin baik.

Langkah penghijauan di stasiun juga dilakukan dengan pembuatan taman-taman di area stasiun yang merupakan bagian dari peningkatan pelayanan kepada para pelanggan.

Dengan semakin banyak stasiun yang asri dan indah maka pelanggan akan merasa nyaman saat akan menggunakan layanan kereta api.

Di samping itu, penanaman pohon secara masif yang KAI lakukan merupakan salah satu upaya untuk mengamankan jalur kereta api dari bahaya longsor dan banjir yang membahayakan perjalanan kereta api.
 
Dukungan KAI pada program Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo pada konferensi G20 dimana Indonesia berkontribusi dalam menangani perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan. 

Sampai dengan tahun 2022, KAI telah melakukan penanaman pohon sebanyak 77.000 pohon.

Di awal 2023 ini, KAI memulai tahun dengan penanaman pohon untuk menunjukkan bahwa KAI tidak hanya mencari keuntungan melalui operasional kereta api, tetapi juga menjalankan ESG yang menaruh kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, sosial, dan governance.

“Gerakan KAI dalam Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya mengurangi pemanasan global sekaligus membantu pemerintah dalam pencapaian target emisi nol pada tahun 2060,” tutup Junaidi Nasution.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved