Cara Sederhana Mengakses Kamus Bahasa Palembang Secara Online

Kamus Bahasa Palembang-Indonesia kini bisa diakses secara daring atau online pasca diluncurkan secara digital

Editor: adi kurniawan
Handout
Balai Bahasa Provinsi Sumsel juga pemberian penghargaan pengutamaan Bahasa negara di ruang publik dan naskah dinas sebagai wujud apresiasi lembaga yang telah melaksanakan program penerapan penggunaan bahasa di ruang publik terlebih Kamus Bahasa Palembang di hotel Fave Palembang, Rabu (30/11/2022). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kamus Bahasa Palembang-Indonesia kini bisa diakses secara daring atau online pasca diluncurkan secara digital sehingga memudahkan siapa saja yang akan mencari kosa kata bahasa Palembang.

Ketua tim penyusun Kamus Bahasa Palembang Linny Oktovianny dari Balai Bahasa Provinsi Sumsel mengatakan cikal bakal penyusunan kamus bahasa daerah diprakarsai oleh Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan adalah Kamus Palembang dengan abjad A hingga K oleh Proyek Pengembangan Basa dan Sastra Indonesia dan Daerah yang disusun sejak 2004 oleh tim penyusun yang diketuai Linny Oktovianny dan anggota Sri Inderawati, Tity Kusmaini, dan Mahdeliza, dengan konsultan Prof Dr Amran Halim.

Penyusunan Kamus Bahasa Palembang Indonesia untuk awalan L hingga Z dalam bentuk laporan Kamus Bahasa Palembang - Indonesia.

"Kamus bahasa Palembang diterbitkan dalam edisi pertama dengan jumlah kosakata 4.500 lema tahun 2007," kata Linny, Rabu (30/11/2022).

Kemudian Kamus  Bahasa Palembang edisi kedua terbit tahun 2014 dengan 8.793 kosakata.

Tahun 2022 atau hari ini kamus Bahasa Palembang dalam bentuk soft atau daring diluncurkan sehingga bisa diakses secara luas dan bebas oleh siapa saja dan kapan saja.

Kamus Bahasa Palembang daring bisa diakses di https://kamus-palembang.loko.co.id.

Cari mengakses Kamus bahasa Palembang ini mudah.

Tinggal klik link https://kamus-palembang.loko.co.id, kemudian pilih tanda garis tiga dipojok kanan atas kemudian pilih menu cari.

Setelah itu masukkan kata atau bahasa Palembang yang akan dicari artinya.

Jika cocok atau kosa kata tersebut telah dimasukkan dalam kamus maka akan langsung keluar artinya dalam bahasa Indonesia.

"Kamus bahasa Palembang-Indonesia ini dibuat sesuai dengan tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat," kata Linny.

Selain melaunching Kamus Bahasa Palembang-Indonesia, Balai Bahasa Provinsi Sumsel juga pemberian penghargaan pengutamaan Bahasa negara di ruang publik dan naskah dinas sebagai wujud apresiasi lembaga yang telah melaksanakan program penerapan penggunaan bahasa di ruang publik.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan, Drs Umar Solikhan, M.Hum mengatakan terdapat 45 lembaga sudah dievaluasi dan dinilai dan ada beberapa lembaga yang menunjukan progres terbaik yakni lima lembaga pemerintah, lima lembaga pendidikan dan swasta.

Tahapan semuanya sudah dinilai dari tahap penilaian, pembinaan, koordinasi dan pemantauan ruangan.

"Program ini dilakukan berkelanjutan minimal tiga tahun bersama ke 45 mitra strategis tersebut," katanya.

Dapatkan berita terkait dan informasi penting lainnya dengan mengklik Google News

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved