Tutorial

Cuma Punya TV Analog ? Ini Cara Mendapatkan Set Top Box STB Gratis dari Kominfo

Hal ini sempat membuat masyarakat yang masih memiliki TV analog bertanya, apakah mereka tetap bisa menikmati siaran TV digital.

https://health.uzone.id/
FOTO ILUSTRASI -- Cara mendapatkan Set Top Box (STB) gratis dari Kominfo. 

SRIPOKU.COM -- Mulai Rabu (2/11/2022) kemarin, sebanyak 222 daerah yang ada di Indonesia secara resmi tak bisa lagi mengakses siaran televisi (TV) melalui TV analog.

Hal ini sempat membuat masyarakat yang masih memiliki TV analog bertanya, apakah mereka tetap bisa menikmati siaran TV digital.

Meski sudah tak bisa menikmati secara biasa, pemilik TV analog tetap bisa enonton siaran TV digital dengan bantuan alat bernama Set Top Box atau STB, tentunya yang sudah mendukung Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2).

STB sendiri merupakan alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara agar dapat ditampilkan di TV analog.

Adapun bagi masyarakat yang membutuhkan, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyediakan STB gratis tanpa pungutan biaya.

Dilansir dari laman Kominfo, distribusi STB gratis ini merujuk pada kelompok rumah tangga miskin (RTM) atau rumah tangga dengan tingkat kesejahteraan masuk dalam 10 persen terendah.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan STB gratis dari Kominfo ?

===

Cara mendapatkan STB gratis

Kominfo menjelaskan, RTM yang berhak menerima bantuan tetapi hingga 2 November 2022 belum menerima STB, dapat mengajukan secara mandiri.

Caranya, dengan menghubungi call center 159 atau nomor telepon Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB terdekat.

  • Berikut langkah-langkah mengajukan bantuan STB secara mandiri:
  • Buka situs https://cekbantuanstb.kominfo.go.id.
  • Masukkan NIK dan kode captcha pada kolom yang tersedia.
  • Klik "Pencarian".
  • Jika terdaftar sebagai penerima bantuan, maka dapat menghubungi call center 159 atau mendatangi lokasi Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga asli.
  • Jika mengalami kendala dalam mengakses situs, masyarakat dapat menghubungi call center 159 atau nomor telepon posko.

===

Nomor telepon dan lokasi posko

Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB sendiri masih akan beroperasi sampai Jumat, 4 November 2022, mulai pukul 08.00-19.00 WIB.

Halaman
12
Sumber:
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved