Berita Pertamina Parta Niaga

Komitmen Penyaluran BBM Tepat Sasaran Melalui Program Subsidi Tepat

Menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, merupakan salah satu amanah yang diberikan kepada Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Humas Pertamina Patra Niaga
Kendaraan roda dua antrian di jalur Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, Senin (29/8/2022). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, merupakan salah satu amanah yang diberikan kepada Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel dalam rangka memenuhi kebutuhan energi yang terjangkau bagi masyarakat.

Sebagai BBM bersubsidi, penyaluran Solar dan Pertalite penugasan ini diatur oleh regulasi, antara lain Peraturan Presiden No 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas No 4/2020.
 
Saat ini, Pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk subsidi energi yang cukup besar, khususnya untuk subsidi BBM dimana peruntukannya haruslah kepada masyarakat yang berhak dan warga dengan ekonomi lemah.

Kendaraan roda empat sedang antrian di jalur Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, Senin (29/8/2022).
Kendaraan roda empat sedang antrian di jalur Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, Senin (29/8/2022).

Selain itu, anggaran subsidi energi yang saat ini ada akan lebih bermanfaat apabila dialihkan kepada sektor lain yang lebih membutuhkan seperti pendidikan, kesehatan, dan UMKM.
 
Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan, penyaluran BBM Subsidi Pertalite maupun Solar subsidi masih memiliki berbagai tantangan.

Di antaranya penyaluran yang tidak tepat sasaran, dimana masih banyak pengguna yang seharusnya tidak berhak ikut mengkonsumsi BBM bersubsidi.

Bahkan di lapangan masih banyak terdapat pelangsir yang mengisi BBM subsidi secara berulang yang ditengarai untuk ditimbun atau dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.
 
"Subsidi yang tepat sasaran ini menjadi penting, di mana saat ini 60 persen masyarakat mampu mengkonsumsi hampir 80 persen dari total konsumsi BBM bersubsidi. Sedangkan 40 persen masyarakat rentan dan miskin hanya mengkonsumsi 20 persen dari total subsidi energi tersebut," kata Tjahyo Nikho Indrawan.
 
Pertamina mencatat, saat ini konsumsi BBM jenis Bio Solar Subsidi untuk Provinsi Sumsel sudah menyentuh angka 21 persen diatas proyeksi kuota BBM Bio Solar Subsidi untuk pertengahan bulan Agustus tahun 2022.

Sedangkan untuk produk Pertalite sudah mencapai sekitar 23 persen diatas proyeksi kuota BBM Pertalite untuk pertengahan bulan Agustus tahun 2022. 
 
Dalam upaya memastikan penyaluran BBM bersubsidi dapat tepat sasaran dan tepat kuota, Pertamina menerapkan mekanisme baru dengan cara mendaftarkan kendaraan melalui Program Subsidi tepat yang saat ini dikhususkan bagi kendaraan roda empat (mobil).
 
Saat ini, pendaftaran Subsidi Tepat masih dibuka bagi konsumen yang ingin mendaftarkan kendaraannya sebagai penerima BBM Subsidi, masyarakat dapat mendaftar dari rumah, melalui online di website subsiditepat.mypertamina.id  atau dengan mendownload aplikasi MyPertamina kemudian mendaftar melalui salah satu fitur di aplikasi tersebut.

Selain itu untuk mempermudah pendaftaran bagi masyarakat yang tidak memiliki handphone, dapat datang ke booth pendaftaran yang telah disediakan di SPBU Pertamina. 
 
Untuk lokasi pendaftaran dapat dilakukan di SPBU 2130101 Jalan AKBP Cek Agus Kenten, SPBU 2130204 Jalan Jend A Yani Plaju, SPBU 24301111 Jalan Kol H Burlian KM 7, SPBU 2430198 Jalan Soekarno Hatta, dan SPBU 24301147 Jalan Tanjung Api-Api untuk wilayah Kota Palembang.
 
"Kami membutuhkan peran serta dari seluruh stakeholder terkait dalam hal mengawal dan mengawasi penyaluran BBM Subsidi agar lebih tepat sasaran, baik dari sisi regulasi maupun dari segi pengawasan serta penegakkan hukum," ujar Tjahyo Nikho Indrawan.

Masih kata Tjahyo Nikho Indrawan, Pertamina sebagai operator tidak akan efektif jika melakukannya sendiri, saran dan perhatian berbagai pihak pun dibutuhkan dari setiap elemen masyarakat, agar Subsidi yang saat ini sudah diberikan oleh Negara, dapat langsung diterima oleh warga yang paling membutuhkan dan tepat sasaran.

 

 

 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved