Berita Musirawas

Jelang Idul Adha, Distannak Musi Rawas Segera Bentuk Satgas PMK

Terkait adanya hewan ternak di Kabupaten Musi Rawas yang terdeteksi terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Penulis: Ahmad Farozi | Editor: Odi Aria
SRIPOKU.COM/AHMAD SADAM HUSEN
Salah satu ciri-ciri dari hewan qurban yag terjangkit PMK adalah kuku kaki yang meruncing ke atas dan adanya lepuh di bagian mulut. Distannak Musi Rawas Segera Bentuk Satgas PMK, Jelang Idul Adha 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Terkait adanya hewan ternak di Kabupaten Musi Rawas yang terdeteksi terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Musi Rawas akan segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) PMK jelang Idul Adha.


"Nanti akan kita bentuk (Satgas PMK-Red)," kata Kepala Distannak Musi Rawas, Zuhri Syawal, Sabtu (25/6/2022).

Dikatakannya, terkait antisipasi dan penanggulangan PMK Distannak Musi Rawas sudah dari awal dilakukan berikan imbauan kepada masyarakat. Baik melalui Surat Edaran (SE) Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan dan Surat Edaran Bupati.

Bahkan menurutnya, pihaknya sudah membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) pengendalkan PMK. Kemudian juga sudah menunjuk pejabat otoritas veteriner Kabupaten Musi Rawas.

"Kita sudah menjadwalkan atau melaksanakan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) serta melakukan desinfeksi ke semua peternak di Kabupaten Musi Rawas," kaya Zuhri Syawal.

Sementara itu, sebelumnya diberitakan bahwa terdeteksinya PMK di Kabupaten Musi Rawas berdasarkan hasil pemeriksaan sampel yang dikirimkan ke Laboratorium Balai Veteriner Lampung.

Sampel yang dikirimkan untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium sebanyak tujuh sampel.

Dimana dari tujuh sampel yang dikirimkan ke laboratorium tersebut, enam diantaranya dinyatakan positif. Dan satu sampel lainnya dinyatakan negatif.

Untuk mengantisipasi dan menanggulangi PMK di Kabupaten Musi Rawas ini, pihak Distannak memberdayakan peternak, melakukan penyemprotan dengan desinfektan, dengan bayclean dan berbagai upaya lainnya. 

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved