Ingat Jangan Sering Gonta Ganti BBM di Kendaraan Anda, Ini Dampak Buruk Bagi Mesin

Banyak pemilik kendaraan sering mengabaikan saat mengisi tangki bahan bakar kendaraan dengan gonta ganti bahan bakar minyak.

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: Yandi Triansyah
HANDOUT/Sripoku.com
Mekanik melakukan perawatan mesin kendaraan untuk persiapan mudik lebaran. 

Ingat Jangan Sering Gonta Ganti BBM di Kendaraan Anda, Ini Dampak Buruk Bagi Mesin

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Banyak pemilik kendaraan sering mengabaikan saat mengisi tangki bahan bakar kendaraan dengan gonta ganti bahan bakar minyak.

Ternyata ada dampak yang kurang baik untuk mesin kendaraan anda saat sering bergonta ganti BBM.

Terlebih lagi saat menempuh perjalanan jauh mengisi bahan bakar tertentu membuat pengendara tak punya pilihan mesti mengisi BBM yang lain dari biasanya.

Service Head JD Toyota, Ragil Kuncoro mengatakan, gonta ganti bahan bakar bisa menyebabkan mesin nglitik, apabila dari pertamax didowngrade ke pertalite maka akan berpengaruh terhadap kinerja mesin.

"Menjawab pertanyaan apa dampaknya sering gonta ganti BBM. Jawabannya akan berdampak kurang baik pada sistem bahan bakar, kinerja mesin kurang baik, dapat menyebabkan stationer/langsam/putaran rendah tidak stabil,dapat (menyebabkan penumpukan karbon) bila bbm dengan nilai oktan rendah," ungkap Ragil kepada Sripoku.com, Kamis (28/4/2022).

Tri Yuswidjajanto, Dosen Teknik Mesin ITB juga pernah mengatakan bahwa mengoplos bensin Premium dan Pertamax untuk mendapatkan RON 90
”sama juga bohong”.

”Karena aditif pada Pertamax bakal tidak efektif. Sama saja beli Premium. Katupnya cepat kotor yang mengganggu aliran campuran bahan bakar dan udara yang masuk, alhasil powernya turun. Lalu kerak juga banyak, kompresi makin naik sehingga bikin ngelitik,” kata Yus.

Kebiasaan lain orang untuk mengoplos adalah mengisi Premium, lalu selanjutnya Pertamax, begitu seterusnya secara bergantian.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved