Ramadan 2022

PEJABAT dan ASN Dilarang Sahur Bersama, Buka Puasa Bersama dan Open House Saat Idul Fitri

Dalam edaran yang sama, masyarakat diperbolehkan mengadakan kegiatan buka puasa bersama serta open house Idul Fitri.

Editor: Sudarwan
Kompas TV
Menag RI Yaqut Cholil umumkan awal Ramadan 2022 pada Minggu 3 April 2022 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan Puasa Ramadan 1443 Hirjiah atau Tahun 2022 jatuh pada hari Minggu besok (3 April 2022).

Sebelumnya pemerintah mengumumkan umat Islam boleh melakukan ibadah salat tarawih di masjid dan tempat ibadah lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Puasa Tahun Ini, Salat Tarawih Berjemaah hingga Buka Bersama Diperbolehkan, tapi Patuhi Syarat Ini

Baca juga: NIAT Salat Tarawih di Masjid sebagai Imam atau Makmum dan Niat Salat Witir sebagai Imam atau Makmum

Selain itu Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan panduan penyelenggaran ibadah selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Dalam edaran itu, Menag melarang pejabat dan aparat sipil negara (ASN) mengadakan kegiatan buka puasa bersama (bukber) hingga open house saat Idul Fitri mendatang.

“Pejabat dan aparatur sipil negara dilarang mengadakan atau menghadiri kegiatan buka puasa bersama, sahur bersama, dan/atau open house Idul Fitri,” kata Yaqut dalam surat edarannya yang terbit pada Selasa (29/3/2022).

Dalam edaran yang sama, masyarakat diperbolehkan mengadakan kegiatan buka puasa bersama serta open house Idul Fitri.

Namun, Yaqut menekankan, kegiatan tersebut harus dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Masyarakat yang mengadakan kegiatan buka puasa bersama, sahur bersama, dan/atau open house Idul Fitri harus memperhatikan protokol kesehatan,” tulisnya.

Ketentuan itu dituangkan dalam Edaran Menag Nomor: SE 08 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah pada Bulan Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1443 H/2022 M.

Surat edaran itu ditekan langsung oleh Yaqut Cholil Qoumas pada 29 Maret 2022.

Dalam edaran yang sama Menag menganjurkan umat Islam untuk menjalankan shalat tarawih, pengajian, hingga wakaf selama Ramadhan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Ia juga mengingatkan pengurus dan pengelola masjid atau mushala menunjuk petugas khusus untuk memastikan sosialisasi dan penerapan protokol kesehatan kepada seluruh jemaah.

“Salat tarawih, iktikaf, tadarus Al Quran, pengajian, zakat, infak, sedekah, dan wakaf dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Yaqut.

Dapatkan informasi lainnya seputar puasa Ramadan 2022 dan informasi lainnya di Sripoku.com dengan mengklik Google News

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul  "Edaran Kemenag: Pejabat dan ASN Dilarang Ikut Bukber, Sahur Bersama, hingga Open House Idul Fitri".

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved