Breaking News:

Tips Kesehatan

Ini Langkah Awal yang Harus Dilakukan Saat Digigit Anjing Menurut Dr Drh Jafrizal MM

"Jadi anjingnya yang diobservasi. Apakah anjingnya rabies atau tidak itu bisa dilihat saat observasi selama 14 hari," jelasnya.

Penulis: Oki Pramadani | Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/OKI PRAMADANI
Dr Drh Jafrizal MM 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumatera Selatan, Dr Drh Jafrizal MM menjelaskan apa langkah awal yang dilakukan seseorang ketika digigit anjing.


"Hal pertama yang harus dilakukan ialah dengan mencuci daerah tubuh yang terkena gigitan anjing tersebut dengan air yang mengalir minimal selama lima menit," jelas Jafrizal, Senin (10/1/2022).


Kemudian luka gigitan anjing tadi diberikan antiseptik.


Lalu segara bawa ke dokter atau ke rumah sakit.


"Nanti di rumah sakit akan dilakukan tindakan sesuai dengan SOP untuk pengobatan rabies," papar Jafrizal.


Jafrizal menjelaskan, pemilik hewan juga harus segera melaporkan hewan peliharaannya kepada dinas peternakan untuk dilakukan observasi.


"Jadi anjingnya yang diobservasi. Apakah anjingnya rabies atau tidak itu bisa dilihat saat observasi selama 14 hari," jelasnya.


Namun, apabila saat observasi anjingnya masih mau beraktivitas dan makan mungkin penyebab anjing menggigit itu disebabkan karena provokasi.


"Provokasi maksudnya adalah, apakah ketika saat dia beranak dia diganggu atau saat dia makan dia diganggu sehingga menyebabkan anjing tersebut melakukan gigitan terhadap korban," ungkapnya.


"Bisa juga saat anjing ini sedang bermain kita lempar dengan batu atau benda lainya sehingga menyebabkan anjing tersebut dendam dan mengigit," tambahnya.


Dr Jafrizal mengimbau agar kepada pemilik hewan peliharaan agar segera mendata hewan peliharannya di aplikasi datahewanku.com.

 


"Pemilik hewan peliharaan bisa mengisi data apakah hewannya sudah divaksin atau belum," ucapnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved