Breaking News:

Melalui TJSL, PLN Dongkrak Perekonomian dan Kemandirian 71 Desa

Sampai dengan TW III 2021, PLN Peduli telah menjalankan 71 program desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total nilai bantuan lebih

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/humas pln
Wujud dari kepedulian PLN dalam mendukung pengembangan desa wisata melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ini memperoleh apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tampak perahu desa ditumpangi oleh sekeluarga yang membuat indah panorama wisata usai anak sungai di normalisasi. 

* Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mengapresiasi Kontribusi PLN Dalam Pengembangan Desa Wisata

SRIPOKU.COM, JAKARTA -- Sampai dengan TW III 2021, PLN Peduli telah menjalankan 71 program desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total nilai bantuan lebih dari Rp 6 miliar. 

Kepedulian PLN dalam mendukung pengembangan desa wisata melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ini memperoleh apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hariyanto mengungkapkan, PLN menjadi bagian penting dalam pengembangan desa wisata. 

Hal tersebut diperkuat dengan MoU PLN dan Kemenparekraf pada 29 September 2021 terkait pemenuhan pasokan listrik di destinasi pariwisata. 

Foto kiri, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hariyanto, dan foto kanan Salah satu _local hero_ Permrakarsa Desa Wisata Betet - Nganjuk, Jawa Timur, Achmad Syaikhu
Foto kiri, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hariyanto, dan foto kanan Salah satu _local hero_ Permrakarsa Desa Wisata Betet - Nganjuk, Jawa Timur, Achmad Syaikhu (SRIPOKU.COM/humas pln)

Nantinya, PLN siap mendukung penyediaan kebutuhan listrik untuk untuk Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) dengan estimasi kebutuhan listrik sebesar 344 megawatt (MW). 

"Kementerian Parekraf mendapatkan manfaat dalam pengembangan desa wisata atas dukungan penuh dari PLN. Manfaat dukungan dapat dirasakan dari sarana prasarana, pertumbuhan ekonomi desa, adanya inovasi, dan menjadi destinasi berkelanjutan," katanya. 

Khusus dukungan sarana prasarana, TJSL PLN memberikan manfaat ke Wisata Edukasi Terpadu Desa Wisata Sendi - Kabupaten Mojokerto, dan pengembangan Desa Wisata Kebumen. 

Selain itu, TJSL PLN juga diimplementasikan menjadi Electrifying Agriculture. Dukungan ini dirasakan oleh Wisata Tani Betet Jawa Timur dan Eduwisata Ragunan Jakarta. 

"Akhirnya dukungan PLN di sektor pariwisata akan mendorong pengembangan desa wisata yang otomatis membuka lapangan kerja, memberikan stimulus pertumbuhan ekonomi, hingga kemandirian desa," tambahnya. 

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved