Berita Muba

Percantik Taman Air Serasan Sekate, Dinas Perikanan Restocking Benih Ikan Nila Merah & Lele Albino

Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Perikanan Muba melakukan restocking sebanyak 40 ribu benih ikan nila merah dan lele albino

Penulis: Fajeri Ramadhoni | Editor: Refly Permana
sripoku.com/fajeriramadhoni
Sejumlah pejabat Pemkab Muba ketika merestocking 40 ribu beni ikan nila merah dan lele albino. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Fajeri

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Demi menambah cantik dan estetik Taman Air Serasan Sekate, Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Perikanan Muba melakukan restocking sebanyak 40 ribu benih ikan nila merah dan lele albino, Minggu (31/10/2021).

Hal tersebut bertujuan agar masyarakat bisa berinteraksi langsung dengan hewan khas air tawar ini yang memiliki warna unik merah dan putih di kolam tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Muba, Hendra tris Tomy SSTP, mengatakan pihaknya terus mensosialisasikan serta menumbuhkan kecintaan masyarakat agar lebih peka terhadap keberlangsungan habitat ikan dengan menurunkan bibit ikan di taman air tersebut.

"Konsep pemberian pakannya kami support dari Dinas Perikanan dan karena ini ruang terbuka untuk umum masyarakat dapat juga memberikan makan yang sesuai pakan ikan.

Jadi kita sama- sama menjaga kelestarian ikan, jangan dulu dipancing serta diambil, nanti Dinas Perikanan akan menginstruksikan kapan masa panennya," ujarnya.

Dikatakannya, inisiasi pihaknya memberikan benih ikan nila merah dan lele albino karena warnanya terang sehingga lebih menarik perhatian setiap pengunjung.

"Semoga bisa menambah keindahan Taman Air Serasan Sekate karena ikan ini memiliki warna unik," harapnya.

Selain itu dia juga mengingatkan untuk pengunjung yang datang di Taman Air Serasan Sekate ini harus menjaga lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya serta membuang sesuai dengan jenisnya, seperti sampah yang terurai serta tidak terurai.

Ini juga kaitannya dengan budidaya pakan bersumber dari lalat tentara hitam salah satu jenis lalat yang banyak ditemukan di tempat-tempat yang terdapat sampah organik.

Larva ini memanfaatkan limbah tersebut sebagai sumber makanannya.

"Kita mengembangkannya untuk pakan alternatif yang ramah lingkungan, jadi sampah yang telah di buang sesuai dengan jenisnya tadi dapat dimanfaatkan khususnya sampah organik," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Muba H Agus Raflen ST MSi, yang juga turut menebar bibit ikan mengatakan kegiatan ini sangat baik sekali untuk memaksimalkan fungsi ruangan terbuka dengan adanya ikan berada di kolam yang cukup luas, tumbuh kembang ikan cukup baik selain untuk keindahan juga hiburan tersendiri.

"Manfaatkan fasilitas olahraga serta ruang terbuka hijau untuk kegiatan positif seperti olahraga serta sama-sama menjaga fasiltas yang telah di berikan pemerintah dengan baik," ungkapnya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved