Breaking News:

Pempek Palembang

Kini Tersedia Pempek Lenjer Khas Palembang Berukuran Dua Meter, Bahan Bakunya Ikan Tenggiri

kini ada toko pempek yang membuat inovasi pempek lenjer sepanjang dua meter yang dibuat dari 16 kilogram ikan tenggiri dan 12 tepung tapioka. 

Editor: Refly Permana
tribunsumsel.com/hartati
Pempek lenjer jumbo yang dibuat dari bahan 16 kg ikan Tenggiri dan 12 sagu yang direbus 14 jam.  

Penulis: Hartati

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Terdapat beberapa varian pempek Palembang.

Salah satunya pempek lenjer atau pempek polos tanpa isi yang dibuat bulat memanjang dan biasanya dibuat dengan cara direbus. 

Pempek lenjer sendiri biasanya dibuat dalam bentuk lenjer kecil atau lenjer besar dengan ukuran maksimal sebesar tangan. 

Tapi, kini ada toko pempek yang membuat inovasi pempek lenjer sepanjang dua meter yang dibuat dari 16 kilogram ikan tenggiri dan 12 tepung tapioka. 

Pempek dengan ukuran tidak biasa ini direbus dengan panci khusus yang dipesan sesuai dengan panjang pempek

Karena ukuran pempek panjang dan memiliki diameter besar, membuat pemilik Pempek Sulthan Pindang Agan Boy dan Fifi terpaksa merebus pempek dengan ukuran masing-masing 1 meter saja.

Setiap pempek direbus dengan waktu 7 jam dan total 2 pempek direbus dengan waktu 14 jam karena direbus terpisah dan harus dua kali. 

Bobotnya yang besar dan dibuat dengan bahan premium membuat pempek ini dibandrol dengan harga Rp 3 juta untuk dua meter.

Baca juga: Resep Pempek Cumi, Enak dan tidak Alot Meski Sudah Dingin, Simak ini Bahan dan Cara Membuatnya

Tapi bagi konsumen yang mau memesan ukuran lebih panjang atau lebih pendek juga bisa tinggal disesuaikan saja dengan ukurannya. 

Jika pempek dijual dengan ukuran 1 meter maka harganya dibagi dua dari Rp 3 juta yakni Rp 1,5 juta. Bisa juga memesan ukuran setengah meter juga. 

Konsumen yang akan pesan diminta order minimal H-2 sebelum hari H karena harus dibuat dulu dan proses membuatnya cukup rumit dan memakan waktu lama. 

"Mau pesan pempek bentuk apa saja bisa dan kita layani sebab kita custom panji untuk merebusnya," ujar Fifi. 

Fifi mengatakan inovasi pempek jumbo ini dibuat agar tidak bosan dan selalu ada varian baru yang membuat usaha kulinernya selalu update. 

Sebelumnya pempek Sulthan Pindang Agan juga pernah membuat pempek dari bahan pewarna alami buah dan sayur yang bisa dimakan anak-anak karena enggan makan sayur dan buah. Ada pula inovasi pempek lobster dan banyak lainnya.

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved