Breaking News:

G30S PKI

KEDOK Istri DN Aidit Terbongkar, Tetangga Ungkap Penyamaran Soetanti Hidup Bersama Mantan Bupati

Kisah Soetanti, seorang dokter yang menjadi istri dari petinggi PKI Dipa Nusantara Aidit atau yang dikenal dengan DN Aidit

Editor: Wiedarto
via Facebook
Kisah cerita Soetanti, istri DN Aidit yang nyamar dengan Bupati Boyolali saat G30S PKI. Ketahuan dan akhirnya dipenjarakan. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA-- Kisah Soetanti, seorang dokter yang menjadi istri dari petinggi PKI Dipa Nusantara Aidit atau yang dikenal dengan DN Aidit. Sosok DN Aidit menjadi incaran aparat ketika pecahnya peristiwa kemanusiaan G30S 1965.

Dalam peristiwa itu DN Aidit dianggap sebagai dalang dalam aksi pemberontakan yang menewaskan sederet perwira TNI AD hingga anggota Polri.

Nasib tragis diterima Jenderal Ahmad Yani, Letjen Siswondo Parman, Letjen Raden Soeprapto, Mayjen Sutoyo Siswomiharjo, Letjen Mas Tirtodarmo Haryono hingga Mayjen Donald Isaac Panjaitan.

Selain itu, Brigjen Katamso, Kolonel Sugiyono, Kapten Czi Pierre Tendean dan Aipda Karel Satsuit Tubun yang gugur akibat kebiadaban para pemberontak yang diduga sebagai rencana pihak PKI kala itu.

DN Aidit yang saat itu menjabat sebagai salah satu petinggi PKI akhirnya ditangkap oleh militer dan dieksekusi mati.

Melansir Surya.co.id Senin (13/09/21) dalam artikel "Cerita Lengkap DN Aidit Hingga Jadi Pentolan PKI & Orang Paling Diburu TNI, Begini Nasib Keluarganya", sepenggal cerita di balik penangkapan DN Aidit tersirat ketika sang istri, Soetanti berusaha untuk bertemu DN Aidit.

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Namun sial, usaha Soetanti gagal dan akhirnya diamankan dan dipenjarakan.
Kala itu pada malam detik-detik pemberontakan 30 September 1965 dimulai, Soetanti sedang bertengkar dengan sang suami, DN Aidit.

Sotanti ketika itu ingin Aidit tetap di rumah dan tak mengikuti kemauan para penjemputnya.

Meski demikian, Aidit tetap bersikeras untuk pergi. DN Aidit yang tak kunjung pulang, membuat Soetanti mengambil tindakan. Bahkan, tiga hari setelahnya, Soetanti nekad meninggalkan rumah dan tiga anak lakinya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved