Breaking News:

Berita Palembang

CERITA Eliza Alfareza, Anak PKL Pasar 16 Ilir Palembang yang Mendapatkan Beasiswa Kuliah S2 ke Turki

Eliza Alfareza merupakan alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang yang berhasil mendapatkan beasiswa Masagena Education Turki.

Editor: Welly Hadinata
Tribunsumsel/Linda
Eliza Alfareza dan Jamhari menunjukkan buku-buku hasil karya Eliza saat di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Prodi Aqidah Filsafat, Jumat (3/9/2021). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Eliza Alfareza, remaja asal Palembang ini membuat bangga keluarga dan mengharumkan anam Sumsel.

Eliza Alfareza merupakan alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang yang berhasil mendapatkan beasiswa Masagena Education Turki.

"Insa Allah saya akan melanjutkan study S2 ke University Sakarya, jurusan Teology atau Islamic Philosophy," kata Eliza saat dibincangi di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Prodi Aqidah Filsafat, Jumat (3/9/2021).

Eliza yang merupakan anak dari pasangan Reni Agustina dan M Yunus (Almarhum) ini menceritakan, bahwa ia sudah berkali-kali mencoba mendaftar untuk beasiswa S2, namun gagal.

"Selama tiga tahun saya berjuang untuk mendapatkan beasiswa, Alhamdulillah tahun ini saya mendapatkan beasiswa Masagena Education Turki," kata Eliza yang merupakan anak Pedagang Kaki Lima di Pasar 16 Ilir.

Menurut gadis berusia 25 tahun ini, ia mendaftar beasiswa Masagena Education Turki di bulan Februari 2021 dan baru dipanggil untuk interview di Juli 2021. Lalu pengumumannya 25 Agustus 2021.

"Dari 4.622 yang mendaftar se Indonesia, dipanggil 27 orang. Lalu yang diterima hanya tiga orang, dua orangnya S1 dan satu orangnya S2 yaitu saya. Jadi saya satu-satunya yang lulus beasiswa untuk S2 mewakili Indonesia," kata Eliza yang selama kuliah di UIN Raden Fatah full mendapatkan program beasiswa bidik misi dari awal masuk hingga selesai.

Eliza yang juga suka menulis ini mengatakan, beasiswa yang ia dapatkan ini full seperti visa dan pengurusan berkasnya ditangung, dapat tiket Jakarta Instambul, dapat uang saku bulanan, SPP dibayarin, dibayarin juga belajar bahasa Turki.

"Jadi saya tiga tahun di Turki, satu tahunya belajar bahasa Turki dan dua tahunnya kuliah," kata Eliza yang dari SD, SMP dan SMA memang sering masuk 10 besar.

Menurut Eliza, dasar ilmu pengetahuan berasal dari filsafat itu sendiri. Jangan sampai tidak terbuka dengan apa yang harus dipelajari. Banyak yang berargumen filsafat tidak akan jadi apa-apa, paling jadi akademis. Maka yang berpikir seperti itu belum punya pandangan yang terbuka.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved