Breaking News:

Berita KONI Sumsel

'Serasa di Kabin Pesawat' Pecatur Sumsel Try Out dengan Pecatur Putri Lampung Jelang PON 2021

Guna mengukur hasil latihan jelang PON 2021 di Papua mendatang, atlet pecatur Sumsel menggelar latih tanding dengan tim catur putri Lampung. 

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: RM. Resha A.U
HUMAS KONI SUMSEL
Para atlet catur Sumsel di Restoran Rumah Kayu Jl Arif Rahman Hakim, Bandar Lampung, Jumat (27/8/2021) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Guna mengukur hasil latihan jelang PON 2021 di Papua mendatang, atlet pecatur Sumsel menggelar latih tanding dengan tim catur putri Lampung. 

Para atlet catur Sumsel, Alivia Noviansari MNW, Nyimas Sonya Nafa MNW, Nyimas Shieta PrimaMNW, dan Alicia Pitri Wahida.

Latih tanding kali ini cukup memiliki kesan, karena dilaksanakan di dalam layaknya pesawat berlokasi di Restoran Rumah Kayu Jl Arif Rahman Hakim, Bandar Lampung, 25-27 Agustus 2021.

"Ya kita mainnya di restoran serasa di dalam kabin pesawat. Turut mendampingi atlet catur Sumsel try out ke Lampung kemarin ada Kabid Pertandingan Percasi Sumsel Pak Fakhruddin WN," ungkap pelatih catur Sumsel, Nurdin Abubakar SE, WN. PN kepada Sripoku.com, Minggu (29/8/2021). 

Pengamatan pelatih catur Sumsel, Nurdin Abubakar, hasil latih tanding ini sangat baik bagi Tim PON Putri Sumsel  untuk lebih memotivasi mereka dalam ajang PON PAPUA nanti yang akan dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021 di Merauke, Papua.

Menurutnya, melihat hasil latih tanding itu, meskipun tim Sumsel unggul dengan score 10-6, tapi faktor kebugaran dan endurance (daya tahan tubuh) harus ditingkatkan di sisa waktu sebulan ini menjelang keberangkatan atlet ke Papua.

Baca juga: Kurang Dari 10 Menit, Perwira Kapolda Sumsel Tumbang saat Hadapi Pecatur Pelatda Sumsel

Nurdin yang alumni FE manajemen Universitas Guna Darma Jakarta mengatakan progres persiapan pecatur Sumsel cukup bagus setelah mengikuti dua bulan Pelatda Terpusat di Wisma Atlet. 

"Ini kita gunakan untuk try out. Kalau try in setiap Sabtu Minggu mengundang master Sumsel. Hasilnya cukup baik. Atlet PON kita dari awalnya kalah, kemudian remis dan berbalik ke menang," kata Nurdin. 

Berangkatnya tim Pelatda PON 2021 catur Sumsel mengikuti try out ini dalam rangka memenuhi undangan Percasi Lampung. 

"Untuk diketahui Sumsel Tim putri yang lolos PON XX ini. Di Papua nanti medali diperebutkan 3 nomor pertandingan. Catur Standar, Catur Cepat (Rapid Chess) dan Catur Kilat (Blitz Chess). Semua diwajibkan ikut," terang Nurdin. 

Berkaca dari pengalaman raihan medali perak di PON Jabar 2016, menurut Nurdin, kontingen cabor catur Sumsel pada PON kali ini tentunya memperioritas di nomor pertandingan catur kilat. 

"Pengalaman di PON Jabar 2016 kita dapat medali perak di catur kilat. Kita prioritaskan di catur kilat. Peluang lebih besar karena pecatur Pulau Jawa lebih tinggi gelarnya rata-rata GM. Kalau kita tiga pecatur wanitanya bergelar Master Nasional," pungkasnya. 

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved