Breaking News:

Virus Corona di Sumsel

Epidemiolog Unsri Ini Ungkap Kerumunan Orang Antre Vaksin Bisa Timbulkan Penyebaran Virus Covid-19

Iche Andriyani Liberty mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat Palembang yang mengikuti vaksinasi Covid-19.

Penulis: Odi Aria Saputra | Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Ahli Epidemiologi Universitas Sriwijaya (Unsri), Iche Andriyani Liberty 

Laporan wartawan Sripoku.com,  Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ahli Epidemiologi Universitas Sriwijaya (Unsri), Iche Andriyani Liberty mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat Palembang yang mengikuti vaksinasi Covid-19.

Namun demikian ia mengingatkan masyarakat yang akan melakukan vaksinasi untuk tertib dan menjaga agar tidak berkerumun.

Sebab virus Covid-19 akan mudah menyebar jika terjadi kerumunan di tengah masyarakat. 

"Jangan sampai niat baik untuk vaksin guna menghindari covid-19 justru bisa berdampak pada kemungkinan terpapar virus lebih besar jika tidak menjaga jarak saat ada kerumunan. 

"Animo masyarakat sudah luar biasa jika melihat membludaknya proses vaksinasi kemarin. Tetapi Jangan sampai kondisi tersebut membuat orang yang ingin vaksin justru berisiko terpapar karena terlalu," katanya seusai mengikuti rapat kordinasi pelaksanaan PPKM di Mapolda Sumsel, Rabu (25/8/2021).

Dijelaskannya, animo masyarakat yang tinggi tidak sebanding dengan jumlah vaksin yang dialokasikan pemerintah pusat ke daerah.

Apalagi, vaksin saat ini sudah menjadi alasan setiap aktivitas wajib masyarakat menunjukan bukti sudah melakukan vaksinasi. 

"Syarat vaksin menjadi salah satu upaya mendorong masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi. Maka akan kita upayakan percepatan agar masyarakat cepat terbentuk herd imunity (kekebalan komunal)," jelasnya. 

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra mengatakan pihaknya tidak bisa menyalahkan semua pihak akibat membludaknya vaksinasi.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved