Jembatan Musi II Lama Resmi Ditutup Secara Permanen Malam Ini, Begini Kondisi Terbaru di Lokasi

Jembatan Musi II selama tiga bulan ditutup secara permanen dan dipasang contra flow diharapkan kendaraan sementara melalui Jembatan Musi II duplikat

Penulis: Jati Purwanti | Editor: adi kurniawan
SRIPOKU.COM/Jati
Suasana jembatan Musi II sebelum resmi ditutup malam ini. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG — Jembatan Musi II lama dijadwalkan ditutup mulai hari ini, Kamis, 12 Agustus 2021. Penutupan jembatan tersebut dikarenakan adanya perbaikan ekstra mengingat usia jembatan yang telah mencapai 30 tahun.

Adapun perbaikan untuk jembatan ini di antaranya pembongkaran beton struktur, pemasangan baja struktur, penggantian baut biasa grade A, pemasangan baja siku, perbaikan sandaran baja.

Berdasarkan pantauan Sripoku.com, hingga malam hari penutupan jembatan yang menjadi salah satu akses warga dari dan ke luar kota Palembang ini belum dilakukan.

Jembatan tersebut masih bisa dilalui oleh berbagai jenis kendaraan mulai dari kendaraan roda dua hingga kendaraan bertonase besar.

Ketua Pelaksana Harian Proyek KPBU, Perwira Manggala Wicaksana, menyebut penutupan jembatan dilakukan mulai malam hari dikarenakan menunggu lalu lintas agak kosong.

"Persiapan penutupan pun sudah 100 persen," katanya saat dikonfirmasi.

Baca juga: Hari Ini Jembatan Musi II Palembang Ditutup, Jalur Dialihkan ke Jembatan Duplikat

Perwira menjelaskan, saat pekerjaan perbaikan jembatan dimulai akan dilakukan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus lalu lintas dengan menggunakan Jembatan Musi II duplikat yang berada di sebelah jembatan lama.

Kondisi ini menjadikan masyarakat yang berasal dari arah Gandus yang ingin ke Keramasan harus memutar balik dari belokan u turn arah Poligon.

"Kendaraan tidak boleh langsung naik ke jembatan sama seperti dulu ketika mereka ingin ke seberang mereka memutar di U turn baru naik ke jembatan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah mengatur contra flow di sepanjang Jembatan Musi II tersebut sehingga selama tiga bulan ke depan akses jalan menuju ke jembatan Musi II ditutup secara permanen.

Rambu-rambu pun telah dipasang sejak beberapa ratus meter sebelum lokasi jembatan untuk menginformasikan jika ada penutupan. 

Koordinasi pengaturan lalu lintas selama proyek berlangsung juga telah dilakukan dengan Dinas Perhubungan dan juga Ditlantas Polda Sumsel.

"Dari proyek juga disiapkan flagman dan juga dari kepolisian dan dishub setempat untuk membantu lalu lintas masyarakat," jelas Perwira.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved